Tak Berkategori  

Hasil Studi: Batang Pisang Bisa Bikin Es Krim Tak Cepat Meleleh

Avatar of PortalMadura.com
Hasil Studi: Batang Pisang Bisa Bikin Es Krim Tak Cepat Meleleh
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan makanan yang banyak disukai orang. Tidak hanya anak kecil saja yang suka memburunya, tapi orang dewasa pun juga menyukai makanan bertekstur lembut dan dingin ini.

Tapi yang sering menjadi keluhan banyak orang saat , sehingga membuat lengket di tangan. Akhirnya, mau tidak mau seseorang harus mengonsumsinya secara terburu-buru agar tidak mudah meleleh.

Nah, agar hal itu tidak terjadi lagi. Anda masih bisa menikmati es krim dengan santai tanpa perlu khawatir meleleh. Bagaimana caranya?.

Dalam sebuah jumpa ilmiah American Chemical Society di New Orleans, Amerika Serikat, dilansir temuan formula untuk memperlambat lelehan dari es krim.

Jorge Velásquez Cock, seorang pakar kimia dari Pontifical Bolivarian University di Medellín, Kolombia, menyatakan bahwa es krim terbuat dari susunan zat kompleks. Mulai lemak pada susu, gula, air, sampai bulir es sendiri.

Secara kimia, tuturnya, cita rasa dan tekstur es krim bisa diperbaiki dan direkayasa agar lebih lama berada dalam kondisi tidak meleleh.
Salah satu kuncinya adalah pemakaian lemak. Seberapa banyak kandungan lemak dimasukkan atau dicampurkan dalam adonan pembuat es krim menentukan seberapa lama mulai meleleh.

Makin sedikit makin berpotensi “jatuh” saat disendok atau dibiarkan dalam cone.

Hal ini menunjukkan hukum viskositas atau kekentalan dari campuran penyusun es krim. Makin tinggi viskositas, yaitu lemak, maka es krim bisa bertahan.

Satu hal lagi, Velásquez Cock menyatakan, bahwa kekentalan bisa ditambahkan dengan memasukkan formula hasil penelitiannya.

Tinggal di kawasan yang kaya akan tanaman pisang, ia meneliti batang- di pertanian. Bagian ini rupanya kaya dengan selulosa. Molekul yang membantu sel-sel tanaman tumbuh dengan kuat.

Selulosa ini sudah dikenal dalam pemakaian kertas, sampai kain. Kini dikembangkan dalam bidang pangan. Molekul selulosa bakal mengembang dan mengisi ruang saat terlarut dalam air.

Inilah dasar baginya untuk menciptakan adonan es krim yang kental dengan tekstur lebih creamy atau mirip krim.

Bersama Robin Zuluaga Gallego, dan Douglas Goff, pakar makanan dari University of Guelph, Kanada, Velásquez Cock menguji coba pemakaian ekstrak tanaman pisang ini dengan lemak susu dalam bermacam-macam perbandingan.

Hasilnya, daya leleh es krim bisa dipertahankan. Bila es krim biasa bertahan dalam bilangan menit, olahan ketiga trio itu mampu bertahan dalam bilangan jam. Wow, menakjubkan bukan?. Jika mau, Anda juga bisa mencobanya. (Suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.