Tak Berkategori  

Hasil Studi: Orang Humoris Berotak Cerdas

Avatar of PortalMadura.com
Hasil Studi: Orang Humoris Berotak Cerdas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak kenal dengan Albert Einstein?. Salah satu tokoh dunia yang tidak hanya dikenal sebagai sosok . Namun di sisi lain, ilmuwan terkenal sepanjang zaman ini juga disebut memiliki rasa humor. Rupanya, hal semacam ini tidak mengherankan bagi para peneliti.

Pasalnya, para peneliti menemukan ada hubungan antara rasa humor dengan tingkat kecerdasan seseorang. Para peneliti di Austria menemukan, bahwa orang-orang lazimnya punya IQ yang lebih tinggi dibanding mereka yang sebaliknya.

Para peneliti mengatakan, dibutuhkan kemampuan kognitif dan emosional untuk memproses dan menghasilkan humor. Analisis mereka menunjukkan, bahwa orang-orang lucu memiliki kecerdasan verbal dan non-verbal yang lebih tinggi. Selain itu, peneliti menunjukkan bahwa mereka yang memiliki selera humor baik punya kecerdasan emosional yang baik pula.

Selanjutnya, psikolog evolusioner menggambarkan humor sebagai “sifat yang diwariskan”, yang menandakan kebugaran mental dan kelincahan intelektual seseorang. Dalam studi tentang daya tarik, baik pria maupun wanita menilai orang lucu lebih menarik. Mereka yang memiliki selera humor juga kerap dicari oleh seseorang untuk jadi pasangan.

Tidak hanya itu saja, orang-orang lucu tidak hanya membuat orang lain tertawa, mereka juga lebih banyak tertawa sendiri. Neurobiologi menunjukkan, bahwa tawa menyebabkan perubahan otak, yang dapat menjelaskan hubungan antara humor dan kecerdasan.

Dampaknya, Anda menjadi lebih fleksibel dan kreatif dalam pemikiran dan lebih baik dalam memecahkan suatu masalah. Hal ini juga meningkatkan memori kerja seseorang.

Bukti menunjukkan, bahwa humor benar-benar meningkatkan persepsi kepercayaan, kompetensi dan status, membuat orang-orang lucu sangat berpengaruh. Humor membuat orang mendengarkan, membantu mengomunikasikan pesan yang ingin disampaikan.

Studi tentang organisasi positif menunjukkan semakin menyenangkan Anda di tempat kerja, semakin produktif Anda, dan semakin kecil kemungkinan Anda mengalami kelelahan.

Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa pelajaran yang disampaikan dengan humor lebih menyenangkan bagi siswa, dan juga meningkatkan pemahaman siswa dalam mengingat topik. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.