oleh

Hasil Studi: Sering Selfie Bisa Buat Hubungan Asmara Tak Bahagia

PortalMadura.ComSelfi atau swafoto merupakan suatu kebiasaan yang saat ini sudah banyak dilakukan semua kalangan, khususnya anak muda dan wanita. Aktivitas ini memang dapat memberikan kepuasan sendiri.

Kemudian, ketika berhasil mendapatkan foto terbaik biasanya langsung disebarluaskan lewat media sosial. Akan tetapi, keseringan posting foto selfie ternyata berdampak buruk pada kualitas hubungan. Mengapa demikian?.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan di Telematika dan Informasi, saat orang memposting foto terlalu banyak lewat online dapat menimbulkan konflik. Dalam penelitian sebelumnya pun disebutkan bahwa selfie bisa memicu kecemburuan pasangan. Tapi faktanya lebih dari itu.

Ternyata, terlalu sering mengunggah foto selfie menunjukkan bahwa Anda terlalu aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Path dan Snapchat yang dapat membuat kualitas hubungan asmara menurun.

Loading...

Bahkan ditemukan, terlalu sering menggunakan Snapchat memicu pasangan cemburu dibanding posting foto selfie di Instagram. Alasannya, karena Snapchat berbentuk video yang dianggap bisa lebih provokatif dan menggoda. Namun tetap saja, apapun bentuk selfie Anda yang diunggah di media sosial bisa memberikan api cemburu pada pasangan.

Pasalnya, foto menjadi visual komunikasi, jika terlalu banyak foto maka ‘komunikasi’ yang dibagi untuk pihak luar pun jadi banyak hingga berlebihan. Tidak mengherankan, hal ini bisa memicu kecemburuan hingga pertengkaran.

Tim peneliti dari berbagai universitas di Amerika tersebut melakukan dua survei yang diikuti oleh 305 orang dewasa. Survei pertama lebih fokus tentang kecemburuan pasangan terhadap foto selfie pasangannya dan seberapa sering foto selfie lalu diunggah di media sosial.

Penelitian kedua yang dilakukan setahun setelah survei pertama adalah mengukur bagaimana dampak media sosial terhadap kualitas hubungan.

Hasilnya menunjukkan, level kecemburuan antar pasangan meningkat dengan banyaknya foto selfie yang diunggah di media sosial. Ditemukan juga bahwa semakin sering posting foto selfie, semakin membuat citra ideal agar dilihat oleh orang lain. (detik.com/Salimah)


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE