Hasil Studi: Ternyata Jadi Wiraswasta Lebih Bahagia Dibandingkan Karyawan

PortalMadura.com - Tak Berkategori
  • Bagikan
Hasil Studi Ternyata Jadi Wiraswasta Lebih Bahagia Dibandingkan Karyawan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu pernah merasa tidak bergairah dalam bekerja. Hal ini, merupakan salah satu tanda bahwa mereka kurang merasa bahagia dengan pekerjaannya. Lantas, pekerjaan apa yang bisa membuat bahagia?.

Ternyata, ada pekerjaan yang menawarkan kebahagiaan lebih besar. Sebuah studi yang melibatkan 5.000 pekerja di Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia, menemukan bahwa profesi sebagai wiraswasta merupakan bidang pekerjaan yang lebih bahagia dibandingkan sebagai karyawan.

“Profesi wiraswasta menawarkan sensasi menjadi “bos” untuk diri sendiri memiliki lebih banyak kebebasan dan kontrol,” kata peneliti utama, Peter Warr dari University of Sheffield.

Menurut Peter, wiraswasta atau pengusaha juga memiliki kebebasan untuk berinovasi, mengekspresikan pandangan mereka sendiri, dan bersaing dengan perusahaan lain.

“Mereka benar-benar bisa menggunakan keahlian mereka sendiri, jadi sepertinya tidak keberatan bekerja berjam-jam. Mereka juga bisa memenuhi standar tinggi yang benar-benar memuaskan,” ujarnya.

Profesor penulis, Ilke Inceoglu dari University of Exeter menambahkan, bahwa pekerja mandiri seperti wiraswasta biasanya mengalami kepuasan karier yang lebih besar. Sebab, mereka merasa bahwa setiap keberhasilan yang diraih hampir sepenuhnya tergantung pada usaha pribadi.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Work, Employment and Society, yang mengukur tingkat kepuasan karier bagi mereka yang bekerja di bidang konsultasi manajemen, ritel, pendidikan, layanan keuangan, asuransidan real estat.

Jadi, bagi Anda yang menguasai ilmu tentang entrepreneurship, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjadi wiraswasta untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. (suara.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.