Tak Berkategori  

Hasil Studi : Ternyata Jalan Kaki Bisa Bikin Otak Anda Makin Cerdas

Avatar of PortalMadura.com
Hasil Studi : Ternyata Jalan Kaki Bisa Bikin Otak Anda Makin Cerdas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Aktivitas berjalan kaki memang memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, ternyata aktivitas ringan ini juga dapat memberi dampak positif pada fungsi otak.

Menurut penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American Physiological Society (APS), pada Experimental Biology 2017 di Chicago, gerakan kaki saat berjalan bisa mengirimkan gelombang tekanan melalui pembuluh arteri yang secara signifikan bisa mempengaruhi dan meningkatkan suplai darah ke otak.

Meskipun efek tidak lebih besar daripada lari, tapi dampaknya masih terbilang lebih besar dibandingkan olahraga sepeda. Data yang baru dengan jelas menyatakan, bahwa aliran darah otak sangat dinamis dan secara langsung bergantung pada tekanan aortik siklik (cyclic aortic pressures) yang berkaitan dengan detak tekanan retrogad dari gerakan kaki. Dengan kata lain, aktivitas jalan kaki bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan juga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, dalam sebuah studi yang dipublikasikan secara terpisah tahun 2016 di jurnal Open Science, sebuah tim peneliti dari Australia dan Afrika Selatan membuktikan, bahwa evolusi kecerdasan manusia tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran otak. Tapi juga berkaitan erat dengan suplai darah ke otak.

Maka dari itu, untuk membuat fungsi otak berjalan lebih baik, imbangi kegiatan olahraga rutin dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga istirahat yang cukup. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.