Hasil Survei LeSuRe, Bir Aly Teratas di Pilkada Bangkalan

Avatar of PortalMadura.Com
Hasil Survei LeSuRe, Bir Aly Teratas di Pilkada Bangkalan

PortalMadura.Com, -Menjelang Pilkada serentak 2018, Lembaga Survei Regional () merilis hasil surveinya terhadap beberapa tokoh yang akan bertarung di , Madura, Jawa Timur.

Survei yang dilaksanakan sejak tanggal 1 sampai 12 November 2017 yang tersebar di 18 kecamatan, Bir Aly berada dalam posisi teratas tingkat elektabilitasnya. Putra KH. Kholilurrahman (Ra Lilur) tersebut mencapai 29,4%.

“Ini hasi pra survei, dari 600 responden secara acak, yang tersebar di 18 kecamatan, dengan kepercayaan 95 persen serta margin of error mencapai kurang lebih 3,5 persen. Ini adalah kesimpulan sementara karena kami terus memantau Pilkada,” terang Direktur Utama Lesure, Mufti Mubarak putra, Senin (13/11/2017).

Sejumlah tokoh lain menyusul dibawahnya, ada Ketua GP Ansor Bangkalan Hasani Zubair diperingkat kedua, yakni 14.1%, Wakil Bupati Bangkalan, Ir. Mondir Rofii dengan elektabilitas mencapai12,3%.

Lalu Ketua DPC PPP KH. Abd. Latif Amin Imron dalam survei tersebut memiiki keterpilihan 11.7%. Kemudian Pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Kholi KH. Imam Buchori mencapai 10,1%. Sedangkan Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad memiliki elektabilitas 8,5%.

“Ada fenomena baru ketika tokoh independen sangat mendominasi dalam Pilkada. Seandainya digelar hari ini, yakni calon dari independen memiliki dominasi,” ujarnya.

Dikatakan, dalam Pilkada serentak 2018, terdapat 3 calon terkuat yang akan meramaikan dari partai politik, ketiga calon itu adalah Abd Latif Amin Imron yang saat ini menjabat sebagai Wakil DPRD setempat dan Ketua GP Ansor Bangkalan, Hasani Zubair serta Ketua DPC PKB Bangkaan Mondir Rofii yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Bangkalan.

Menurutnya, Bangkalan yang selama ini identik dengan tokoh-tokoh tertentu, butuh orang -orang baru dan pemimpin baru, karena ia menilai kekuatan khirarki dan hegemoni yang sudah sangat kuat.

“Saat kondisi seperti ini, pasti Bangkalan butuh tokoh-tokoh baru untuk dijadikan antitesa kepemimpinan sebelumnya, makanya dengan adanya tokoh mudah ini memberikan kejutan bagi Pilkada nanti,” lanjut dia.

Sementara ketika ditemui di Kantor DPRD Bangkalan, Bir Aly menyambut baik adanya hasil survei yang dikeluarkan oleh Lesure. Dia akan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman tentang programnya.

“Saya menyambut baik survei ini, semoga benar-benar riil di masyarakat, karena ini juga dilakukan oleh survei yang netral. Jadi saya sebagai calon dari independen semoga suara di bawah sama dengan hasil survei,” ucapnya.

Dia menambahkan, dirinya tetap akan fokus melalui jalur independen untuk maju sebagai calon Bupati Bangkalan, untuk wakil, masyarakat cenderung kepada Ra Imam.

“Kedua jalur tetap kita jalani, dari independen dan juga partai, jika partai tidak dapat kita pasti maju lewat jalur independen,” tutup.(Hamid/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.