PortalMadura.com

Hati-hati, Gigi Rusak Picu Penyakit Berbahaya

  • Senin, 12 Februari 2018 | 23:00
Hati-hati, Gigi Rusak Picu Penyakit Berbahaya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umunya kita sering melupakan atau menyepelekan masalah pada mulut, seperti gingivitis, sakit gigi, plak gigi, dan gigi berlubang. Namun, tahukah Anda hal tersebut dapat mempengaruhi seluruh tubuh dan organ lainnya seperti yang telah dikatakan para ahli.

Sandy Moldovan, seorang peneliti gigi dari Baverly Hills, memperingatkan bahwa hal tersebut cukup untuk menyebabkan hilangnya kesehatan tubuh bila bakteri di rongga mulut menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah di gigi.

Bila kesehatan mulut tidak terlindungi secara optimal, maka hal tersebut bisa menyebabkan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh rusaknya gigi.

1. Serangan Jantung dan Stroke

Jangan sepelekan bila Anda mengalami kerusakan pada gigi, karena gigi rusak merupakan pertanda bakeri di mulut sangat banyak.

Bakteri penyebab penyakit gigi dapat mengalir melalui aliran darah ke arteri dan menghasilkan penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini yang membatasi aliran darah ke jantung, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Risiko Kanker

Bakteri yang menyebabkan radang gusi juga bisa merusak jaringan lain di tubuh.



Dr. Moldovan mengatakan bahwa peradangan gusi mungkin juga bertanggung jawab atas hubungan antara penyakit periodontal dan beberapa jenis kanker.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Cancer Research menunjukkan bahwa beberapa jenis bakteri penyebab penyakit periodontal juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan yang lebih tinggi.

3. Risiko Impotensi pada Pria

Penelitian menunjukkan, ada kaitan antara peradangan periodontal dan bakteri mulut, yang dapat menyebabkan tingginya risiko impotensi pada pria.

Menurut para periset, kerusakan gigi dapat merusak pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang menyebabkan menuju area vital laki-laki.

4. Kerusakan Prostat pada Pria

Menurut Harvard Medical School, kerusakan gigi juga dapat menyebabkan prostatitis parah dan mempengaruhi kesehatan pria di segala usia. Konsekuensi menyakitkan dari kerusakan prostat adalah ejakulasi sulit, nyeri di dasar panggul, dan kebocoran urine.

Nah, itulah beberapa penyakit yang disebebakan oleh kerusakan gigi. Dari sekarang jangan lagi menyepelekan kerusakan gigi yang Anda derita. Segeralah periksa ke dokter gigi dan lakukan perawatan rutin demi kesehatan gigi dan tubuh Anda.(goldokter.com/Nanik)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional