Hati-hati! Ini 3 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati! Ini 3 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur
ilustrasi (merdeka)

PortalMadura.Com – Di bulan Ramadan, umat Muslim berpuasa selama sebulan penuh. Kebiasaan atau aktivitas yang selalu mewarnai di bulan puasa ialah berbuka dan makan sahur. Waktu berbuka dilakukan bila terdengar azan magrib sedangkan waktu makan sahur yang sangat dianjurkan di sepertiga malam.

Bicara mengenai makan sahur, setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri setelah usai makan sahur salah satunya yaitu langsung tidur. Mungkin hal ini terdengar lumrah dilakukan oleh sebagin orang. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasan ini tidaklah baik bagi kesehatan?.

Inilah tiga bahaya yang perlu Anda ketahui saat :

Meningkatkan Asam Lambung
Tidur membuat proses pencernaan tidak bisa berjalan dengan baik apalagi jika tidur ini dilakukan sesaat setelah makan khususnya pada waktu sahur. Tidak hanya membuat sistem pencernaan tidak lagi berjalan baik, ini juga akan membuat asam lambung di perut meningkat. Meningkatnya asam lambung sendiri bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit di saluran pencernaan.

Risiko Kegemukan/Obesitas
Tertidur setelah makan sahur sangat mungkin meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. Makanan yang dimakan saat sahur bisa menimbun jadi lemak jahat di tubuh jika tidak dibarengi dengan gerak tubuh cukup dan terjaga. Jeremy Barnes, profesor dari Southeast Missouri State University menjelaskan bahwa tidur setelah makan akan meningkatkan hormon grehlin dan meningkatkan risiko obesitas.

Risiko Stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit paling berbahaya dan mematikan di dunia. Para ahli percaya jika risiko stroke bisa meningkat tiga kali atau lebih pada diri seseorang jika ia memiliki kebiasaan tidur setelah makan. Buat yang suka langsung tidur setelah sahur, ini juga sangat memungkinkan menderita risiko stroke yang lebih besar dan mematikan.

Nah, itulah beberapa bahaya yang perlu diwaspadai dari kebiasaan buruk langsung tidur setelah makan sahur. Agar bahaya ini tidak menyerang tubuh, alangkah baiknya jika Anda menyibukkan dengan aktivitas bermanfaat seusai sahur. Aktivitas tersebut bisa membersihkan rumah, memperbanyak tadarus Alquran, berzikir dan masih banyak lagi. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.