Hati-hati, Ini 4 Kesalahan Sepele yang Sering Anda Lakukan Saat Rawat Gigi

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 4 Kesalahan Sepele yang Sering Anda Lakukan Saat Rawat Gigi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ahli kesehatan menyarankan menggosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari untuk tetap menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Setelah itu, dilanjutkan dengan kunjungan rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

Sayangnya, ternyata masih banyak kesalahan sederhana yang biasa Anda lakukan ketika merawat gigi. Sehingga kesalahan ini bisa menyebabkan gigi Anda bermasalah, seperti sakit gigi, bau mulut, bahkan gangguan kesehatan lainnya yang ditimbulkan dari gigi.

Berikut empat kesalahan yang sering dilakukan saat merawat gigi Anda:

Menyikat Terlalu Keras
Menyikat gigi dengan terlalu keras bisa merusak bulu dari sikat gigi. Akibatnya, endapan kotoran gigi tidak terlepas dengan benar. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Tidak Memperhatikan Makanan yang Anda Konsumsi
Selain melakukan upaya pembersihan, Anda juga harus memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Untuk membuat gigi Anda selalu sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfor, dan fluorin seperti produk olahan susu, buah, atau sayur.

Tidak Membersihkan secara Menyeluruh
Selain menyikat gigi, Anda perlu membersihkan sisa makanan yang menyempil di gigi, menggosok lidah, dan berkumur dengan mouthwash. Pembersihan gigi yang maksimal akan menghindarkan Anda dari beragam penyakit mulut dan gigi.

Tidak Menggunakan Kawat Gigi meski Disarankan
Penggunaan kawat gigi sering disarankan untuk memperbaiki struktur gigi. Sayangnya, saat Anda disarankan untuk melakukan hal yang demikian, Anda mengabaikannya. Akibatnya, bentuk gigi tetap rusak dan bisa mengakibatkan komplikasi lebih lanjut.

Selain kesalahan saat merawat gigi, Anda juga disarankan untuk tidak mengunyah makanan hanya dari 1 sisi saja. Sebab, hal ini bisa menyebabkan rongga dan pembusukan di sisi lain mulut. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.