Hati-hati, Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Tak Sengaja Termakan Belatung

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Tak Sengaja Termakan Belatung
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan hewan yang bertubuh lunak dan tidak memiliki kaki. Biasanya, hewan kecil ini muncul di area yang kotor dan lembab. Tapi tidak jarang juga bisa berada di makanan yang tidak diolah dengan benar.

Mendengar dan membayangkannya saja sudah terasa menjijikkan apalagi jika tanpa disadari terkena makan. Bagaimana jadinya, apakah berbahaya atau bahkan bisa menggerogoti tubuh manusia?.

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan di bawah ini:

Myiasis
Myiasis adalah infeksi yang terjadi ketika belatung menggerogoti dan memakan jaringan hidup hewan atau manusia. Belatung yang termakan bisa hidup dan berkembang di dalam bagian tubuh mana pun, baik itu pada organ ataupun jaringan tubuh.

Semakin banyak jumlah belatung di dalam tubuh, maka akan semakin banyak organ dalam yang terinfeksi. Sebagian besar kasus myiasis biasanya terjadi di bawah jaringan kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau belatung juga dapat hidup di perut, usus, hingga mulut yang kurang dijaga kebersihannya.

Infeksi yang sudah memburuk bisa menimbulkan kerusakan serius pada jaringan dan organ tubuh sehingga membutuhkan penanganan medis secepat mungkin.

Keracunan
Sama halnya seperti mengonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya, makan belatung juga berisiko menyebabkan keracunan. Ini karena belatung biasanya tinggal dalam makanan yang kurang bersih atau bahkan sudah membusuk sehingga tidak aman lagi untuk dimakan.

Penyebab keracunan bukan semata-mata berasal dari belatung saja. Kontaminasi bakteri (C. botulinum atau C. perfringens) yang terkandung dalam makanan tersebut dapat membuat kandungan nutrisinya hilang dan menjadi tidak higienis untuk dimakan. Akibatnya, Anda mungkin mengalami demam, diare, mual, muntah, kelelahan, serta sakit perut sebagai tanda kalau Anda mengalami keracunan makanan.

Reaksi Alergi
Makan belatung bisa mengakibatkan alergi pada beberapa orang. Jangankan memakannya, mungkin bersentuhan sedikit saja dengan belatung dapat dengan mudah membuat gejala alergi tesebut muncul.

Fakta ini dikonfirmasi oleh dr. William Sears, seorang dokter anak sekaligus penulis buku The Portable Pediatrician, yang berpendapat bahwa alergi bisa langsung muncul meski kontak yang terjadi dengan belatung sangat kecil.

Gejala alergi yang dapat muncul setelahnya yakni berupa masalah pernapasan, ruam atau kemerahan pada kulit, sensasi gatal di mulut, sakit perut, diare, muntah, pusing, dan gejala alergi lainnya. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.