Hati-hati! Islam Larang Anda Terlalu Percaya Diri

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati! Islam Larang Anda Terlalu Percaya Diri
ilustrasi

PortalMadura.Com sangat penting tumbuh dalam diri seseorang. Sikap ini dapat membuat seseorang menjadi bersemangat untuk melakukan sesuatu, dan dapat membuatnya berprestasi dalam bidang yang ditekuninya. Seseorang akan mudah beradaptasi dan mendapatkan teman baru.

Namun, percaya diri akan tidak baik jika berlebihan, dalam Islam segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Karena, Islam mengajarkan untuk rendah hati. Itulah sebabnya sebagai pribadi muslim harus selalu tawadu  (rendah diri) dan memohon kekuatan dari Allah SWT dalam menjalankan tugas.

Akan tetapi, Islam juga mengimbau agar umat yakin terhadap kekuatan diri yang berasal dari Allah SWT. Terlalu percaya diri dalam pekerjaan, ilmu agama, atau menyelesaikan masalah, ternyata dapat mengganggu produktivitas. Nah, ketika seseorang terlalu sering dipuji, maka jika dia tidak kuat iman akan mudah terbuai dan berakibat sombong.

Untuk mencegah diri agar tidak terlalu percaya diri, berikut tiga hal yang bisa dilakukan umat Islam:

Ingat Dari Mana Talenta Itu Didapat
Berjuang dan kecewa adalah bagian dari hidup. Ketika Anda bahagia, dihormati, dan dipuji karena memiliki talenta lebih, ingatlah untuk selalu bersyukur.

Allah SWT berfirman: “Jika kamu bersyukur, pasti akan-Ku tambah lagi nikmat,” (Quran: surah 14, Ayat 7).

Niat Tulus
Rasulullah bersabda: “Pahala amal tergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan apa yang telah ia niatkan,” (Sahih Bukhari).

Apabila Anda melakukan sesuatu mulailah dengan niat yang baik. Tanyakan pada diri sendiri apa niat Anda melakukan pekerjaan itu.

Refleksi Diri Setiap Hari
Merenung membantu Anda mengingat apa yang telah dicapai. Dengan begitu Anda akan menemukan untuk apa pekerjaan dilakukan. Menjalani pekerjaan dengan mengharap rida Allah bukan pujian manusia.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak terlalu percaya diri dalam segala hal yang sudah Anda dapatkan. (okezone.com/Qory)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.