Hati-hati, Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, Kotoran Burung Bisa Merusak Cat Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kendaraan yang kotor tentu akan sangat merugikan bagi pemiliknya. Selain kotoran tersebut membandel, risiko cat memudar pun juga bisa terjadi apabila tidak langsung dibersihkan.

Misalnya yang sering terjadi saat pengguna berkendara atau parkir diluar ruangan. Biasanya ada kotoran hewan seperti burung menempel. Perlu diketahui bahwa ternyata kotoran ini memiliki senyawa yang bisa mempengaruhi cat pada kendaraan. Sehingga mengakibatkan timbulnya bercak pada bagian tertentu.

Oleh karena itu, menjaga mobil sangat penting dilakukan agar cat mobil lebih tahan lama. Dilansir PortalMadura.Com Senin (16/1/2017) pada laman viva.co.id, Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik untuk menjaga kondisi cat mobil agar tetap cemerlang.

“Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga cat mobil lebih tahan lama dan terlihat tidak kusam. Tetapi, banyak yang tidak tahu,” katanya.

Hal pertama yakni parkir di tempat terbuka yang terpapar teriknya sinar Matahari. Sinar ultraviolet Matahari bisa dengan mudah merusak cat mobil, terutama bila cat tidak dilindungi dengan pelapis khusus.

Kedua adalah segera bersihkan kotoran burung yang menempel pada cat mobil. Sebab, kata dia, kotoran burung mengandung zat asam. Zat asam itu dapat mengoksidasi cat dan bodi mobil, sehingga muncul karat.

“Apabila mobil terkena hujan, harus segera dibersihkan. Hal ini menghindari bercak air yang kering akibat sinar Matahari. Bercak yang tercampur dengan debu bisa membuat cat mudah kusam,” tuturnya.

Terakhir, mobil sebaiknya jangan dilap saat kondisi kotor. Banyak pemilik memilih cara cepat, yakni membasahi lap dengan air dan kemudian mengusapkannya ke bodi mobil. Kondisi ini biasanya akan tambah kotor dan tidak bagus pada cat kendaraan Anda. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.