PortalMadura.com

Hati-hati, Salah Bersihkan Telinga Bisa Hilangkan Pendengaran Anda

  • Kamis, 14 September 2017 | 19:00
Hati-hati, Salah Bersihkan Telinga Bisa Hilangkan Pendengaran Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membersihkan telinga dengan baik dan benar penting dilakukan. Karena, apabila salah dalam membersihkannya bisa merusak sistem pendengaran.

Lantas, bagaimana cara Anda membersihkan telinga?. Sudah benarkah atau justru kebiasaan Anda selama ini tanpa disadari sudah membahayakan kesehatan dan pendengaran Anda.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa ternyata membersihkan telinga secara manual bisa merusak sistem pendengaran. Sejumlah peneliti di American Academy of Otalaryngology menemukan jika memasukan benda asing ke dalam telinga seperti cotton buds justru bisa merusak sistem pendengaran. Benda tersebut juga bisa meningkatkan produksi serumen.

Lebih parah lagi, membersihkan telinga dengan memasukan benda asing bisa meningkatkan risiko robeknya gendang telinga, membuat tulang lunak di telinga bergeser hingga menyebabkan infeksi berat.

Kesalahan membersihkan telinga yakni memasukan pembersih secara kasar dipercaya bisa menimbulkan rasa sakit, gatal, telinga seperti tertutup, bau tidak sedap, berdenging dan bahkan hilangnya pendengaran.

Hari Jadi Sumenep

Dr Seth Schwartz dari American Academy of Otolaryngology mengungkapkan, “Kita sering berpikir membersihkan telinga bisa mengeluarkan kotoran pada telinga. Yang sebenarnya adalah, ketika kita memasukan benda asing seperti cotton buds, lilin telinga atau benda lain untuk membersihkan kotoran, justru akan mendorong kotoran tersebut masuk ke saluran telinga lebih dalam. Ini bisa lebih berbahaya dan berisiko”.

“Asal kita tahu, telinga bisa membersihkan kotorannya sendiri. Ada beberapa zat di telinga yang bisa mencegah masuknya kotoran ke dalam telinga. Zat tersebut berfungsi menyaring debu, asap atau kotoran lain agar tidak masuk ke telinga. Zat ini selanjutnya akan membentuk cairan yang lengket di telinga dan lama-lama mengering. Ini bisa hilang dengan sendirinya saat kita mandi” Tambah Dr Seth Schwarzt.

Jadi, agar kesehatan telinga Anda tetap terjaga dengan baik, pastikan untuk membersihkannya dengan cara yang benar. Jangan memaksa membersihkan kotoran di telinga dengan memasukan benda asing ke dalam telinga. Cukup membersihkannya saat mandi dengan membasuhnya, ini justru lebih baik dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional