oleh

Hati-hati, Ternyata Pestisida pada Sayur dan Buah Bisa Bikin Mandul

PortalMadura.Com – Banyak orang mengetahui bahwa perawatan buah dan sayur tidak lepas dari pestisida. Oleh karena itu, seseorang perlu hati-hati dalam mengonsumsi sayur dan buah. Bahkan, baru-baru ini sempat dikabarkan bahwa paparan bahan kimia itu berisiko membuat orang bisa mandul.

Sebagaimana sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi buah dan sayur tinggi residu pestisida dihubungkan dengan turunnya kesuburan tubuh dan tingginya risiko tidak bisa hamil.

Perlu Anda ketahui, pestisida adalah bahan kimia pembunuh serangga dan hama pengganggu tanaman yang memang sering digunakan para petani namun juga memberi risiko kesehatan yang jelas bagi manusia.

“Ada kekhawatiran dalam kurun waktu tertentu bahwa paparan dosis rendah konsumsi makanan berpestisida memberi efek merugikan terhadap kesehatan, terutama pada populasi yang rentan seperti anak-anak, wanita hamil dan janin mereka,” ungkap Dr. Yu-Han Chiu, sebagai peneliti.

Tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seperti apa efek lebih lanjutnya. Namun alangkah baiknya jika kelompok yang rentan memilih buah dan sayur yang lebih sehat seperti makanan organik. Kalau pun memberi buah dan sayur, selalu pastikan untuk mencuci hingga bersih. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar