oleh

Hati-hati, Ternyata Pria Botak Rentan Terkena Kanker Usus Besar

PortalMadura.Com – Sebuah studi yang dilakukan oleh Nana Keum, Departemen of Nutrition Harvard TH Chan School of Public Health, Boston Amerika Serikat, pada 32 ribu laki-laki selama 18 tahun, dari 1992 hingga 2010 menyatakan ada kaitannya antara botak dengan kanker usus besar.

Pola kebotakan pada laki-laki yang kebanyakan berupa kehilangan rambut, secara positif berkaitan dengan hormon androgen dan juga IGF-1 serta insulin dan semuanya berimplikasi pada patogenesis dari coloteral neoplasma. Coloteral neoplasma merupakan istilah lain yang merujuk pada kanker usus besar atau kolon.

Loading...

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan keum ditemukan bahwa orang dengan botak hanya di bagian depan, dan botak depan dan botak ringan di vertex punya keterkaitan dengan peningkatan risiko kanker usus besar hampir 30 persen dibandingkan dengan yang tidak botak.

Keum menyatakan bahwa hasil penelitian ini barulah penelitan awal dan memerlukan studi lebih lanjut sebelum berujung pada rekomendasi klinis. Meski potensi kanker baru 30 persen, namun Keum menyarankan bagi laki-laki dengan botak di depan dan atau botak di depan serta di ubun-ubun untuk berkonsultasi dengan dokter tentang pengujian di bagian kolon. (cnnindonesia.com/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar