Hati-hati, Ternyata Smartphone Bisa Jadi ‘Sarang’ Bakteri

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, Ternyata Smartphone Bisa Jadi 'Sarang' Bakteri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai aktivitas sehari-hari seolah tidak bisa lepas dari genggaman seseorang, di mana pun dan kapan pun Anda pasti selalu membawanya. Bisa diibaratkan bahwa smartphone sudah seperti belahan jiwa saja.

Tapi, siapa sangka ternyata smarthphone menjadi sarang bakteri?. Mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya atau bahkan tidak memperdulikan keadaan ini lantaran tidak bisa lepas dari benda tersebut. Perlu Ada ketahui bagi pengguna android untuk berhati-hati karena sebuah penelitian baru mengungkap bahwa smartphone bisa menjadi tempat tinggal idaman bagi berbagai macam jenis bakteri.

Dilansir PortalMadura.Com Kamis (16/3/2017) pada laman Liputan6.Com, tim peneliti University of Surrey, Inggris, telah melakukan uji coba dengan menggunakan 30 smartphone dan 30 tablet untuk melihat seberapa banyak bakteri yang terkumpul di perangkat-perangkat tersebut.

Smartphone dan tablet telah digunakan setiap hari oleh para penggunanya, namun yang kerap dilupakan adalah si pengguna hampir tidak pernah membersihkan tangan saat hendak menggunakan smartphone atau tabletnya.

Tim peneliti menggunakan metode dimana mereka menyeka perangkat smartphone dan tablet dengan kapas yang telah dilumuri pembersih khusus. Setelah itu, akan dilihat seberapa kotor dan berapa banyak jumlah bakteri yang ada di satu kapas.

Disebutkan bahwa pada sebuah tablet yang paling kotor bisa terdapat lebih dari 15.000 bakteri enterobacteria di tiap satu sekaan kapas. Untuk sebuah smartphone dan tablet yang dinilai tidak terlalu kotor, 7 dari 30 smartphone dan 8 dari 30 tablet bisa memiliki hingga 1000 bakteri enterobacteria per satu kali seka.

Tim peneliti menjelaskan bahwa perangkat tablet dan smartphone sejatinya harus memiliki perawatan higienis. Setidaknya, bersihkan perangkat tersebut dengan mengelap setiap sisi dan layar menggunakan kain bersih serta cairan sanitizer. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.