IPTEK  

Hati-hati! Virus Bahaya Ini Jebol WhatsApp Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Bikin Akun WhatsApp Tanpa Nomor? Ini Triknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama ini aplikasi adalah aplikasi sosmed yang aman karena penggunaan enkripsi end-to-end untuk pesan yang dimilikinya. Namun akhir ini, terdapat spyware baru yang dapat meretas dan mengintip pesan WhatsApp dan mengambil foto menggunakan kamera ponsel tanpa sepengetahuan Anda.

Malware tersebut bernama , dan telah diidentifikasi sebagai virus yang mengkhawatirkan.

Penyedia antivirus, Kaspersky menggambarkan, Skygofree sebagai Trojan dan memiliki kemampuan seperti mata-mata pada film Hollywood. Tidak hanya itu, trojan tersebut juga mampu melacak lokasi dan rekaman audio si pengguna.

Lebih buruknya lagi, virus tersebut dapat menyusup ke history browser dengan terhubung ke jaringan WiFi yang dikendalikan oleh hacker tanpa sepengetahuan Anda. Sehingga memungkinkan untuk dapat mengetahui password sampai rekening keuangan Anda.

Pihak Kespersky mengungkapkan “Seseorang di suatu tempat pasti tahu persis apa yang dilihat situs, login, kata kunci, dan nomor kartu mana yang masuk,” sebagaimana diberitakan di The Sun.

Ia menambahkan bahwa Malware tersebut juga bisa memantau aplikasi populer seperti Facebook Messenger, Skype, Viber, dan WhatsApp.

Kemampuannya untuk masuk ke WhatsApp menjadi pertanda buruk yang mengkhawatirkan. Pihak Kaspersky memperingatkan bahwa Skygofree mampu “mengumpulkan pesan” dari WhatsApp dengan mudah, dan menjadikan aplikasi tersebut sebagai “mata digital” yang membaca apa yang ditampilkan di layar Anda.

Ancaman paling membahayakan dari Skygofree adalah kemampuannya secara diam-diam mengambil foto dan mengambil berkas rahasia yang bisa digunakan untuk tujuan jahat.

“Orang hanya bisa menebak bagaimana para penjahat akan menggunakan foto-foto ini,” ungkap pihak Kespersky.

Bila virus tersebut sudah masuk ke ponsel, maka kemungkinan tidak akan ada satu rahasia yang luput dari pengamatannya. Termasuk telepon, sms, kalender, semuanya terekam oleh tersebut.

Kespersky mengklaim, Skygofree telah berjalan ke dunia semenjak 2014 silam. Namun, Kabar baiknya adalah spyware tersebut hanya menginfeksi kawasan Italia saja.

Nah, cara untuk terhindar dari virus Skygofree adalah dengan tidak melakukan aktivitas download yang sembarangan.(tribunnews.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.