oleh

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Agar Tidak Menyakiti Bayi Saat Menyusui

PortalMadura.Com – Menyusui merupakan proses penting yang dilakukan ibu agar gizi bayi tercukupi. Selain itu, dengan menyusui akan meningkatkan bonding antara ibu dan buah hati. Walaupun kedengarannya mudah, nyatanya menyusui tidaklah mudah apalagi untuk perempuan yang baru merasakan perannya sebagai ibu.

Menyusui bayi bisa juga menjadi aktivitas yang sulit bahkan kerap menimbulkan stres bagi seorang ibu untuk pertama kalinya. Pada umumnya Ibu mengalami banyak kesulitan untuk pertama kalinya, mulai dari memandikan bayi hingga memberi susu.

Menyusui bayi mungkin terdengar sebuah tugas yang mudah dilakukan, padahal sebenarnya itu membutuhkan beberapa teknik. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari menggendong bayi dengan benar hingga membuatnya terkunci dengan benar. Itulah sebabnya banyak ibu yang tanpa sadar membuat berbagai kebiasaan menyusui yang buruk bagi bayi.

Misalnya, tanpa sadar ibu akan melakukan kebiasaan buruk berikut ini yang ternyata berdampak buruk untuk bayi, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk saat menyusui yang dapat menyakiti bayi.

Tidak mengangkat kepala bayi
Penting untuk menahan kepala bayi Anda saat menyusui. Jangan khawatir, itu tidak akan mencekiknya saat minum susu. Jika tidak, bayi yang baru lahir kerap memuntahkan susu. Sehingga sang ibu harus memegang kepalanya memastikan susu masuk ke dalam perutnya.

Tidak memberi cukup waktu
Saat menyusui, Anda harus selalu mencoba memberi waktu tambahan untuk bayi Anda, karena Anda tidak pernah tahu bahwa bayi Anda tidak menempel susu dengan benar. Itulah mengapa memberi bayi waktu ekstra sangatlah penting. Jika Anda terburu-buru, bayi Anda tidak akan mendapatkan cukup nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan.

Gangguan saat menyusui
Saat menyusui adalah waktu untuk memperkuat ikatan antara ibu dan bayi. Tetapi, jika Anda melewatkan momen ini dan malah membuat diri Anda sibuk dengan smartphone, itu akan mengalihkan perkembangan otak bayi Anda.

Menerapkan tekanan pada payudara
Jangan lakukan apa pun yang membuat Anda menekan payudara untuk mengeluarkan susu. Jangan juga kenakan pakaian yang sangat ketat, karena ini akan membuat saluran susu Anda tersumbat dan menyebabkan infeksi payudara. Juga, pastikan bahwa Anda tidak tidur dalam posisi tengkurap yang membuat payudara Anda tertekan.

Kebiasaaan minum alkohol
Jika Anda memiliki kebiasaan minum alkohol, itu tidak hanya akan memengaruhi kesehatan Anda, tetapi juga akan berbahaya bagi si kecil. Bahkan, itu akan membahayakan bayi Anda juga, karena alkohol meminimalkan efek nutrisi yang ada dalam susu Anda. Jadi sudah tepatkah cara menyusui bayi Anda?(Okezone.Com/Nurul)


Tirto.ID
Loading...

Komentar