Hindari, Ini 6 Kombinasi Makanan yang Tak Baik Bagi Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Hindari, Ini 6 Kombinasi Makanan yang Tak Baik Bagi Tubuh Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – yang dikonsumsi haruslah memenuhi beberapa unsur yang dibutuhkan . Seperti, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Karena tidak hanya enak, tapi juga harus baik untuk tubuh.

Namun terkadang, kombinasi bahan makanan yang salah dapat merusak manfaat kesehatan yang ingin diperoleh. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi jenis makanan tertentu, Anda harus tahu kandungan di dalamnya.

Berikut beberapa kombinasi makanan yang sebaiknya Anda hindari:

Pizza dan Soda
Kombinasi karbohidrat, protein, dan pati memakan banyak energi tubuh untuk pencernaan. Tambahan lagi, gula dalam soda dapat memperlambat proses perncernaan. Hal ini dapat menyebabkan perut terasa berat dan kembung.

Selain itu, gula tidak bisa sampai ke usus karena perut kenyang. Kombinasi dari fakto-faktor ini dapat menyebabkan masalah perut jika Anda mengonsumsi kombinasi ini terlalu sering.

Tips: Setiap makanan tinggi gula seharusnya dikonsumsi 1-1,5 jam setelah Anda makan.

Sereal dan Jus Jeruk
Sereal yang dikombinasikan dengan jus jeruk, terutama di pagi hari, tidak akan menciptakan dorongan energi yang Anda harapkan. Malahan, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan berat di perut.

Asam dalam jus jeruk secara drastis akan menurunkan aktivitas enzim yang bertanggung jawab untuk menghancurkan karbohidrat. Untuk alasan yang sama, sebaiknya tidak menggabungkan biji-bijian dengan buah asam lainnya.

Tips: Sebaiknya minum jus jeruk atau jus buah sejam setelah makan.

Pasta Keju dan Tomat
Karbohidrat berlemak seperti pasta biasanya lumer di mulut. Hal ini berkat bantuan fermentasi khusus, ptyalin, yang ditemukan di air liur kita.

Tomat, di sisi lain mengandung asam (malix, oxalic, citric) yang bahkan dalam jumlah kecil, dapat memecah fermentasi tersebut. Hal ini menyebabkan terhambatnya pencernaan pati. Protein yang terdapat di dalam keju juga dapat memperburuk hal tersebut.

Tips: Sayuran segar atau sayuran hijau seperti kemangi menjadi hiasan yang dapat dimakan sekaligus baik untuk pasta.

Salad dan saus lemon ditambah cuka
Banyak vitamin dan nutrisi berharga lainnya seperti karotenoid yang ditemukan di sayuran, memerlukan lemak untuk penyerapan yang tepat. Setiap kita memakai lemon atau cuka untuk salad, kita menghilangkan unsur makanan sehat tersebut.

Tips: Tambahkan produk tinggi lemak baik lainnya ke salad Anda, seperti alpukat, buah zaitun, atau kacang-kacangan.

Cokelat Bubuk dan Susu
Cokelat bubuk kaya akan asam oksalat yang menghambat penyerapan kalsium. Bila dikombinasikan dengan susu yang kaya kalsium, asam ini akan berkontribusi pada pembentukan kristal oksalat yang buruk bagi ginjal. Sekali seminggu tidak masalah, tapi jangan terlalu sering.

Tips: Jika Anda rawan batu ginjal, ganti susu biasa untuk minuman cokelat panas Anda dengan susu skim.

Roti Gandum dan Selai
Tepung terigu yang dimurnikan dikombinasikan dengan selain manis adalah karbohidrat dosis ganda yang dapat menyebabkan lonjakan glukosa yang cepat. Ini hanya memberikan Anda dorongan energi dalam waktu singkat, diikuti suasana hati yang buruk.

Tips: Gantikan wheat bread dengan whole wheat bread dan lebih baik mengganti selai dengan madu. Ini lebih sehat dan tidak mengganggu usus. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.