Hindari, Ini 6 Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Avatar of PortalMadura.com
Hindari, Ini 6 Makanan dan Minuman Perusak Gigi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka dengan permen?. Makanan manis ini tidak hanya disukai kalangan anak-anak, tapi orang dewasa pun juga menyukainya.

Namun, sering mengonsumsi makanan manis bisa menjadi penyebab rusaknya gigi. Pasalnya, sisa makanan di gigi saat bertemu bakteri akan menghasilkan asam yang melapisi gigi dan merusak enamel.

Tidak hanya permen saja, menurut pakar yang tinggal di Massachusetts, Guillaume Lepine, mengatakan bahwa ada banyak makanan yang harus dihindari jika orang ingin menjaga kesehatan gigi.

Makanan dan minuman ini termasuk menu lezat yang mungkin di sukai banyak orang. Apa saja itu?. Simak berikut ini:

Soda
Minuman bersoda banyak mengandung gula. Minuman ini akan menempel pada gigi dan menyebabkan gigi berlubang, kandungan asam pada soda juga dapat mengikis enamel.

Permen
Mengisap permen akan membuat gigi terpapar banyak gula dalam jangka waktu tertentu. Tetapi mengunyah permen yang keras juga dapat membuat gigi gampang retak.

Keripik
Keripik kentang, popcorn akan terasa yang ringan dan gurih membuat kita ingin memakannya untuk waktu lama. Namun partikel yang ada di keripik ini bisa menyelip di sela-sela gigi dan merusaknya.

Es Krim
Es krim memang lezat. Namun kandungannya yang kaya gula disukai bakteri yang ada di mulut sehingga bisa merusak gigi. Tentu saja, hal ini bisa memicu perkembangbiakan bakteri yang menghasilkan plak di gigi.

Buah-buahan Kering
Buah-buahan kering, seperti kismis atau manisan mempunyai banyak nutrisi. Tapi buah-buahan ini sering kali ditambahi gula yang mudah menempel di gigi.

Minuman Berenergi
Layaknya soda, minuman berenergi juga mengandung banyak gula dan asam. Kombinasi ini mampu merusak enamel gigi sehingga cepat berlubang.

Demikian makanan dan minuman yang perlu dihindari jika tidak ingin memiliki masalah dengan gigi. Segera menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan kaya gula dan yang menimbulkan asam di mulut. Semoga bermanfaat. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.