oleh

Hingga Siang Ini, 5 Gempa Bumi Guncang Sumba Barat

PortalMadura.Com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan setidaknya lima gempa bumi mengguncang Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam laman webnya, BMKG menyebutkan gempa pertama hari ini bermagnitude M 6 pukul 06.59 WIB dengan pusat gempa di 103 km sebelah barat daya Sumba Barat, menyusul gempa bermagnitude M 5,2 pada pukul 07.08 WIB di 74 km sebelah barat daya Sumba Barat dan 08.56 WIB di 88 km sebelah barat daya Sumba Barat.

Gempa serupa kemudian kembali mengguncang pada siang hari pukul 12.10 WIB dengan kekuatan M 6,7 dengan pusat gempa di 120 km sebelah barat daya Sumba Barat, menyusul gempa berkekuatan M 5 pukul 12.35 WIB dengan pusat gempa di 39 km sebelah barat daya Sumba Barat.

Loading...

Mengomentari gempa pertama, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan jika memperhatikan lokasi pusat dan kedalaman gempa, itu merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan oleh sesar naik,” ujar Rahmat, Selasa, dalam keterangannya.

Hasil laporan Masyarakat, lanjut Rahmat, gempa itu terasa kencang di Tambolaka, Waingapu, Sumbawa dan Bima. dilpaorkan Anadolu Agency, Selasa (22/1/2019).

Namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut, imbuh Rahmat.

BMKG mengimbau agar Masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (AA)



Komentar