PortalMadura.com

Hujan Mulai Turun, Pemkab Pamekasan Klaim Tak Mempengaruhi Harga Tembakau

  • Jumat, 23 September 2016 | 15:38
Hujan Mulai Turun, Pemkab Pamekasan Klaim Tak Mempengaruhi Harga Tembakau
dok. Tembakau (Foto Suciana Mukhtar)
Loading...

PortalMadura.Com, Pamekasan – Turunnya hujan dalam dua hari terakhir di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diprediksi tidak akan berpengaruh terhadap harga tembakau yang telah dipatok oleh pihak pabrikan.

Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Hendrady mengatakan, dari sejumlah pabrik yang melakukan pembelian tembakau petani musim ini mematok harga rata-rata Rp 46 hingga Rp 47 ribu perkilo gram.

“Kalau masalah harga tidak berpengaruh meski sudah turun hujan, misalnya jemur tembakaunya kemarin dan hujannya hari ini itu tidak berpengaruh. Berbeda kalau jemurnya hari ini hujannya juga hari ini karena akan mempengaruhi kualitas,” klaimnya, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, hujan yang melanda Pamekasan dalam dua hari terakhir tidak menyeluruh di semua kecamatan, tetapi turunnya hujan tersebut bergantian. Sehingga, efek domino terhadap kualitas tembakau tidak signifikan.

Baca Juga:  Idul Adha, Harga Daging Sapi Stabil di Pamekasan

“Misalnya kemarin hujannya di Kecamatan Larangan, sekarang di Kecamatan Palengaan, belum menyebar di semua wilayah,” tandasnya.

Sampai sekarang, lanjut dia, pabrikan membeli tembakau petani dengan harga bervariasi sesuai dengan kualitasnya. Adanya yang mematok harga di bawah Rp 30 ribu perkilo gram, bahkan ada pula yang membelinya dengan harga hingga Rp 50 ribu perkilo gram. (Marzukiy/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional