oleh

HUT ke-74 MA, PA dan PN Sumenep Awali ‘Launching e-Litigation’ dengan JJS

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Jalan-jalan Sehat (JJS) bersama dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Mahkamah Agung (MA), Minggu (18/8/2019).

Rute JJS ini, start kantor Pengadilan Agama Sumenep, Jl. Trunojoyo ke arah utara – Jl. Trunojoyo ke arah selatan dan berakhir di kantor Pengadilan Agama.

Peserta JJS, selain staf dan karyawan PN dan PA Sumenep, juga ada dari unsur pengacara dan pimpinan Bank Syariah Mandiri serta pihak BRI Sumenep.

Dari kanan, Ketua Pengadilan Agama Sumenep, Subban dan Ketua Pengadilan Negeri Sumenep, Akhmad Bukhori. (Foto. Nanik Dwi Jayanti/portalmadura.com)
Dari kanan, Ketua Pengadilan Agama Sumenep, Subhan Fauzi dan Ketua Pengadilan Negeri Sumenep, Akhmad Bukhori, saat mengikuti JJS bersama (Foto. Nanik Dwi Jayanti/portalmadura.com)

Kegiatan tersebut, mengawali rencana launching e-litigation (persidangan secara elektronik) Senin (19/8/2019), pada momentum HUT ke 74 Mahkamah Agung yang juga dijadwalkan akan digelar upacara bendera.

“Kegiatan JJS merupakan agenda tahunan karena kita satu atap Mahkamah Agung dan penyelenggaraannya bergiliran. Tahun kemarin penyelenggaranya pengadilan negeri, sekarang pengadilan agama,” terang Ketua Pengadilan Agama Sumenep, Drs. Subhan Fauzi, S.H., M.H.

Pada kesempatan yang sama, dua lembaga yudikatif di Sumenep ini juga mengadakan berbagai lomba. Di antaranya, lomba memasukkan paku ke botol, tarik tambang, tenis meja, makan krupuk diikat ke kaki, memindahkan tepung dengan piring. Kemudian ada bakti sosial.

“Dengan adanya kegiatan lomba-lomba ini kita gembira, senang, juga tentu untuk menambah motivasi dan semangat bekerja. Jadi setelah masuk kerja bisa memacu kinerja,” katanya.

Loading...

Selain itu, pihaknya berharap momen tersebut bisa terjalin kebersamaan dengan karyawan maupun staf, baik di PN maupun di PA.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Sumenep, Akhmad Bukhori. Acara tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan serta mempererat baik dalam satu pengadilan maupun ke pengadilan yang lain, untuk semangat kebangsaan dan mewujudkan cita-cita pengadilan negeri yang Agung.

“Hari ini PA dan PN menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan berolahraga, tapi intinya kebersamaan, karena kami PN dan PA berada pada satu atap yaitu Mahkamah Agung,” ujarnya.

Mahkamah Agung sendiri dibentuk dua hari setelah kemerdekaan RI yakni tanggal 19 Agustus.

Pada momentum HUT ke 74 Mahkamah Agung, juga akan dilaksanakan upacara serta launching e-litigation (persidangan secara elektronik).

“Sebelumnya ada e-court (aplikasi pengadilan elektronik) yang hanya sekadar jawab menjawab, kalau e-litigation nanti bisa sampai pada acara pembuktian, bahkan acara keputusan itu bisa melalui internet. Jadi, tidak harus hadir kepersidangan,” jelas Ketua PA Sumenep, Drs. Subhan Fauzi, S.H., M.H.

Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat, bagi yang ingin menyelesaikan sengketa dapat langsung datang ke pengadilan tanpa harus melalui calo.

“Kita sekarang sedang semangat membangun zona integritas tanpa ada calo, tanpa ada pungutan-pungutan liar, Insya Allah diberikan pelayanan dengan prima dan sebaik-baiknya,” tandasnya.(*)

Baca Juga :


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar