Ikuti 6 Cara Ini Agar Anda Mendapatkan Pekerjaan Sesuai dengan Impian

Avatar of PortalMadura.com
Ikuti 6 Cara Ini Agar Anda Mendapatkan Pekerjaan Sesuai dengan Impian
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang didunia ini. Entah itu jenis pekerjaan apapun intinya pekerjaan yang kita lakukan adalah hal penunjang masa depan kita, bagaimana kita menyambung hidup dengan penghasilan sendiri, menikah, dan hidup sejahtera semua berkat pekerjaan dan usaha yang kita lakukan.

Semua orang tentunya ingin memiliki pekerjaan yang sesuai dengan impiannya sejak kecil. Lalu bagaimana cara kita untuk mendapatkannya? Mengutip Money Talks News, ini 6 cara untuk memperoleh Anda meskipun perusahaan tersebut sedang tidak membuka lowongan.

Bersihkan Media Sosial

Baik Anda mencari pekerjaan dengan cara tradisional atau mencari posisi yang tidak diiklankan, ini tetap menjadi langkah penting.

Pastikan akun media sosial Anda bebas dari perilaku yang memberi kesan negatif. Periksa juga foto-foto yang di-tag pada Anda. hindari juga adanya penggunaan kata kasar.

Akun media sosial penting karena akan memberikan gambaran singkat mengenai siapa diri Anda dan perilaku yang akan ditampilkan di tempat kerja.

Andalkan Jaringan

Departemen SDM atau bagian Human Resource (HR) mungkin terlihat menjadi tempat yang paling logis untuk memperkenalkan diri Anda kepada sebuah perusahaan. Namun, lakukanlah juga alternatif lain.

Alih-alih mengajukan diri kepada bagian HRD, strategi lain yang lebih baik adalah dengan membangun jaringan dan koneksi secara personal dengan orang yang bekerja pada perusahaan itu.

Bahkan jika seseorang tersebut bekerja di departemen yang berbeda, dia tetap menjadi peluang untuk membuka jalan karier Anda menuju pekeraan impian.

Jangan Berhenti pada Satu Perusahaan atau Industri

Menurut antropolog Robin Dunbar, manusia dapat membina hingga 150 hubungan sosial yang stabil. Ini artinya, membangun jaringan dengan satu orang memiliki jangan yang jauh lebih luas. Ini termasuk kedalam cara yang sangat penting. Karena jika anda hanya berharap pada satu perusahaan anda akan stuck disitu, bingung dan merasa putus asa saat anda ditolak oleh perusahaan tersebut.

Hadiri Acara yang Dapat Memperluas Koneksi

Terkadang hubungan personal juga terbatas dan tidak selalu bisa membantu Anda. Menghadiri acara-acara pada industri terkait seperti konferensi atau pameran adalah cara lain untuk bertemu dengan individu-individu yang dapat membantu Anda.

Begitu bertemu dengan orang yang tepat, jangan langsung menjual diri Anda. Berikan pujian terlebih dahulu pada perusahaannya dan tanyakan apabila ia tahu bagaimana cara mendapat kerja di sana.

Kemudian dengarkan jawabannya. Pada tahap ini, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menentukan langkah selanjutnya.

Lakukan Public Relation yang baik

Saat membangun jaringan, sesuaikan bahasa dan gaya bicara Anda dengan lawan bicara. Lakukan riset terkait tren pada industri dan perusahaan tersebut.

Terlebih lagi, Anda juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang latar belakang orang dari perusahaan yang Anda hubungi secara langsung.

Periksa biodata dan laman LinkedIn mereka. Pahami pengalaman profesional mereka. Ini tidak hanya menunjukkan keseriusan Anda, tapi juga memungkinkan Anda untuk menemukan kesamaan yang bisa membantu Anda menjalin hubungan yang baik.

Jelaskan Keahlian Anda

Biasanya kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah nampak putus asa saat keinginannya tak kunjung terwujud. Sifat tak percaya diri ini tidak baik untuk kita tanamkan dalam diri. Jelaskan dengan baik keahlian anda, berikan persuasif yang pada lawan bicara pada saat melamar pada suatu perusahaan, percaya dirilah.

Kemudian juga anda harus memahami kebutuhan perusahaan dan persiapkan diri untuk menjelaskan mengapa Anda bisa membantu perusahaan mencapainya. Ini terutama penting jika perusahaan yang Anda sasar sedang tidak membuka lowongan.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan diri untuk mencoba melakukan pekerjaan secara langsung jika pilihan tersebut memungkinkan.

Ini menunjukkan ketertarikan Anda sekaligus memberikan Anda gambaran mengenai pekerjaan yang akan dikerjakan. Selain itu, perusahaan jika bisa menilai langsung kinerja Anda.

Dengan mengikuti 6tips ini dengan giat dan terus berusaha, Anda akan bisa mendapat pekerjaan impian yang didamba-dambakan.

Yang terpenting kita harus terus berusaha untuk mewujudkan impian kita. Jangan dengarkan komentar negatif orang tentang kita. Lakukan yang terbaik, berusaha dan berdoa adalah suatu hal utama untuk dilakukan untuk mewujudkan impan. Tanamkan percaya diri yang hebat, Niscaya semangat kita untuk terus tumbuh dan berlari mengejar impian akan terus membara.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (merdeka.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.