Ikuti Salah Satu Kebiasaan Ini, Anda Terhindar dari Bokek

Avatar of PortalMadura.com
Ikuti Salah Satu Kebiasaan Ini, Anda Terhindar dari Bokek
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Baru beberapa hari yang lalu gajian, eh sekarang sudah bokek. Jika Anda merasa seperti itu, Anda harus mengatur keuangan. Mengatur keuangan tak selalu rumit. Tapi seringkali karena tak bisa mengendalikan diri dan kurang disiplin, Anda kerap mengalami yang namanya bokek.

Ada satu kebiasaan cukup mudah yang bisa Anda lakukan dari sekarang agar bebas dari bokek. Saatnya untuk lebih disiplin membuat anggaran untuk pos-pos pengeluaran.

Dilansir fimela.com yang melansir dari thebalance.com, langkah pertama untuk membuat anggaran adalah cukup dengan duduk lalu menuliskannya. Anda bisa membuat sejumlah pos pengeluaran bulanan, lalu memasukkan nominal yang disesuaikan dengan kebutuhan serta penghasilan yang kita punya.

Mulai dari Kebutuhan yang Paling Dasar
Segera sisihkan uang untuk kebutuhan yang paling dasar. Kebutuhan bulanan yang paling dasar perlu kita jadikan pos pengeluaran yang pertama. Membayar cicilan, membeli kebutuhan bulanan, dan kebutuhan lain yang tak bisa ditunda perlu segera kita buat anggarannya.

Baca Juga: Diduga Punya Hubungan Asmara dengan Kakak Ipar, Warga Sumenep Sekarat

Sisihkan sebagian untuk Ditabung atau Diinvestasikan
Menabung perlu dilakukan di awal supaya memudahkan Anda dalam mengelola sisanya. Punya target keuangan yang ingin dicapai? Misalnya, untuk biaya liburan beberapa bulan ke depan? Coba sisihkan sebagian uang untuk ditabung. Atau kalau ingin berinvestasi, segera sisihkan sebagian untuk diinvestasikan.

Siapkan Dana Cadangan
Selalu sisihkan sebagian uang di pos dana cadangan atau dana darurat. Tujuannya untuk berjaga-jaga bila suatu waktu kita membeli sesuatu melewati anggaran yang sudah dibuat. Terkadang Anda tak pernah tahu akan pengeluaran dadakan yang harus segera kita tangani.

Dengan kebiasaan lebih disiplin dalam membuat pos-pos pengeluaran sesuai dengan anggaran dan penghasilan yang kita punya, kita akan lebih mudah .

Tidak ada lagi yang namanya besar pasak daripada tiang. Kalau tak bisa mendapat pemasukan tambahan, maka pilihan terbaiknya adalah dengan melakukan lebih sedikit pengeluaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.