Indonesia akan Jabat Ketua Dewan Keamanan PBB Pada 1 Mei 2019

Avatar of PortalMadura.com
1
Ilustrasi: Sidang Dewan Keamanan PBB. (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia pada 1 Mei mendatang akan menjabat Ketua Dewan Keamanan .

Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Kementerian Luar Negeri Grata Meganingtyas mengatakan jabatan tersebut akan dijabat oleh seluruh Negara anggota Dewan Keamanan PBB secara bergantian.

“Indonesia diberikan kesempatan untuk menjabat dan memimpin persidangan Dewan Keamanan PBB selama 1 bulan,” kata Grata di Kementerian Luar Negeri pada Kamis.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia kata Grata akan mengambil tema mengenai UN Peace Keeping Operations.

“Suka atau tidak suka realitasnya adalah misi perdamaian PBB masih merupakan tools yang paling kuat dari DK PBB untuk berkontribusi pada perdamaian dan keamanan internasional,” jelas dia. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (25/4/2019).

Tema tersebut diambil kata dia karena Indonesia memiliki rekam jejak yang baik dalam menyumbang pasukan perdamaian PBB.

Nantinya, kata dia, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi akan memimpin sidang terbuka DK PBB terkait dengan tema tersebut pada 7 Mei 2019.

Kepemimpinan Indonesia dalam DK PBB akan digunakan untuk mengampanyekan pencalonan menjadi anggota Dewan HAM PBB, kata dia.

Indonesia kata dia juga akan memimpin diskusi informasi DK PBB mengenai Palestina yang akan dihadiri oleh LSM Internasional.

“Ini akan memfokuskan kepada upaya-upaya untuk mencari solusi guna mendorong diimplementasikannya resolusi DK PBB yang terakhir mengenai situasi Palestina, yaitu resolusi 2334 mengenai legal settlement,” jelas Grata.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.