Indonesia, Australia Patroli Bersama di Perbatasan

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia Australia patroli bersama di perbatasan
Ilustrasi patroli kapal Tentara Nasional Indonesia (TNI) di perairan Indonesia. (Alex Widojo - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Badan Kemanan Laut (Bakamla) RI, Australian Border Force (ABF) dan Maritime Border Command (MBC) Australia menggelar patroli bersama di perairan Indonesia – Australia.

Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono mengatakan bahwa operasi bersama yang digelar dua kali dalam setahun ini telah dilakukan sejak Senin lalu.

“Terhitung sudah delapan kali operasi bersama, dalam rangka meningkatkan keamanan laut di kawasan,” ujar Mardiono, Jumat, dalam siaran pers.

Mardiono mengatakan bahwa operasi ini meliputi kegiatan deteksi ancaman wilayah laut.

Hasilnya, lanjut Mardiono, berupa tindak lanjut sesuai kondisi ancaman yang dihadapi.

Mardiono berharap operasi laut bersama ini dapat meningkatkan kerja sama keamanan laut, khususnya di perbatasan Indonesia-Australia.

Sekaligus, tambah Mardiono, bertukar informasi demi mencegah dan menindak aktivitas ilegal di wilayah tersebut. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (19/10/2018).

Dari Indonesia, kata Mardiono, operasi ini melibatkan KN Gajah Laut-4804 Bakamla RI dan KP Orca-6004 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sedang dari Australia melibatkan Kapal Thaiyak ABF dan satu pesawat patrol udara maritim ABF. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.