Indonesia Galang Dukungan Bagi Palestina di KTT OKI

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia Galang Dukungan Bagi Palestina di KTT OKI
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. (reuters)

PortalMadura.Com, Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam () resmi dibuka pada Rabu, (13/12/2017) di Istanbul, Turki.

Dalam pertemuan ini, menyampaikan pernyataan tegas untuk mendukung Yerusalem sebagai ibu kota .

“Solusi dua negara dengan Al Quds Al Sharif (Yerusalem) sebagai ibu kota Palestina adalah satu-satunya solusi yang akan membawa perdamaian abadi di wilayah ini,” jelas Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Menteri Retno menjelaskan Amerika Serikat (AS) sudah bertindak terlalu jauh dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Indonesia akan berupaya meraih dukungan masyarakat internasional demi pengakuan dan kemerdekaan negara Palestina,” ujar Retno.

Menteri Retno meminta semua anggota OKI menegakkan resolusi atas Palestina dan Al Quds Al Sharif guna memastikan adanya dampak signifikan terhadap persoalan Palestina.

Presiden AS Donald Trump pada Rabu lalu mengumumkan bahwa AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan telah memberikan instruksi untuk memindahkan kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pernyataan tersebut memicu kecaman keras dari seluruh dunia, termasuk Turki, Uni Eropa dan PBB.

Selama kampanyenya tahun lalu, Trump telah berulang kali menyatakan akan memindahkan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.