Indonesia Gandeng Negara-negara Produsen Sawit Tolak Larangan Biofuel

Avatar of PortalMadura.Com
Indonesia Gandeng Negara-negara Produsen Sawit Tolak Larangan Biofuel
ilustrasi (foto. google)

PortalMadura.Com, – Enam negara produsen sawit melayangkan respon kepada Parlemen Eropa yang ingin memberlakukan berbasis kelapa sawit mulai 2021.

Melalui Kedutaan Besar Indonesia di Brussel, Belgia, Indonesia mengatakan sudah menyiapkan langkah-langkah yang harus diambil bersama semua negara-negara produsen sawit yang terdampak, baik dari Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, juga Afrika.

Surat itu dikirim ke pihak Uni Eropa (UE) yang diharapkan bisa menerima posisi negara-negara produsen sawit.

“Dengan menggandeng perwakilan seluruh negara produsen sawit di Belgia, Indonesia memastikan agar kekhawatiran dan posisi bersama didengar dan didukung oleh UE,” kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Brussel Dupito D. Simamora lewat surat yang ditujukan kepada Komisi Eropa, Dewan Eropa dan Parlemen Eropa, dilansir Anadolu, Sabtu (17/2/2018).

Mereka juga berharap agar laporan mengenai minyak sawit yang dirilis oleh Parlemen itu kemudian ditolak, agar tidak “merugikan kepentingan nasional Indonesia”.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga telah menyurati Perwakilan Tinggi Uni Eropa Federica Mogherini serta pejabat-pejabat tinggi negara UE lainnya.

Negara-negara produsen sawit selama ini mengatakan rencana penghentian biofuel berbasis minyak sawit itu tidak sesuai dengan prinsip perdagangan adil atau “free and fair trade” yang dianut UE.

Mereka juga meminta agar negara-negara yang terdampak disertakan dalam proses pengambilan keputusan UE.

Laporan yang diterbitkan Parlemen Eropa 17 Januari lalu belum menjadi keputusan mengikat sebelum dicapainya kesepakatan antara Parlemen, Dewan dan Komisi Eropa. Namun perundingan antara ketiga pilar UE itu dijadwalkan pada akhir bulan ini.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.