oleh

Indonesia Jadi Target Virus Joker, Ayo Hapus 24 Aplikasi Ini

PortalMadura.Com – Para pengguna Android, khususnya di Indonesia diingatkan untuk lebih hati-hati dalam menggunakan handphone-nya. Karena, baru-baru ini ditemukan virus malware yang menyusupi ponsel.

Maksudnya, perangkat Android kini kembali mendapat ancaman serangan program jahat. Virus jenis trojan ini bernama ” Joker” yang ditemukan periset keamanan CSIS Group di puluhan aplikasi Android.

Malware ini ditemukan menyusup di lusinan aplikasi di toko resmi Google Play Store. “Sejauh ini kami menemukan keberadaan Joker di 24 aplikasi yang secara keseluruhan telah terpasang lebih dari 427.000 kali,” kata peneliti virus dari CSIS Group, Akesejs Kuprins.

Apa Itu Joker?

Joker merupakan tipe malware yang bisa mencuri uang dengan cara berlangganan premium tanpa sepengetahuan korbannya. Program jahat ini juga bisa menyimulasikan klik iklan, mengintip isi pesan teks di ponsel Anda.

Tidak hanya itu, virus ini bahkan bisa mencuri informasi perangkat dan daftar kontak korban. Secara diam-diam, malware ini terkomunikasi dengan situs web iklan guna menghasilkan klik palsu dan mendapatkan perangkat korban dengan layanan premium yang tentunya bisa merugikan korban.

Uniknya lagi, menurut Kuprins, Joker hanya mengincar korban dari negara-negara tertentu. Tapi negara Indonesia termasuk yang ditargetkan. Jadi, bagi warga negaranya, diharuskan untuk lebih berhati-hati.

“Calon korban harus menggunakan kartu SIM dari salah satu negara ini,” kata dia.

Dilansir KompasTekno, yang dikutip dari IB Times, selain Indonesia, ada 37 negara incaran Joker yang tersebar dari benua Amerika hingga Asia dan Australia, termasuk AS, Mesir, Perancis, Jerman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Singapura.

Loading...

Belum diketahui siapa dalang di balik virus Joker ini. Akan tetapi, jika dilihat dari kode bot, komentar, komando, dan server kontrol, transkripnya ditulis dalam bahasa Mandarin. Nama “Joker” sendiri berasal dari salah satu server pengendali (C&C) sang malware.

Baca Juga : Hati-hati Virus Menyerang! Kenali Ciri Aplikasi Android Berbahaya Sebelum Di Download

Pihak Google dilaporkan telah menghapus ke-24 aplikasi yang ditunggangi Joker dari Play Store. Apabila sempat memasangnya di perangkat, CSIS mengimbau pengguna Android untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi yang dimaksud.

Lantas, apa saja aplikasi tersebut?. Berikut daftar selengkapnya:

1. Beach Camera 4.2
2. Mini Camera 1.0.2
3. Certain Wallpaper 1.02
4. Reward Clean 1.1.6
5. Age Face 1.1.2
6. Altar Message 1.5
7. Soby Camera 1.0.1
8. Declare Message 10.02
9. Display Camera 1.02
10. Rapid Face Scanner 10.02
11. Leaf Face Scanner 1.0.3
12. Board Picture editing 1.1.2
13. Cute Camera 1.04
14. Dazzle Wallpaper 1.0.1
15. Spark Wallpaper 1.1.11
16. Climate SMS 3.5
17. Great VPN 2.0
18. Humour Camera 1.1.5
19. Print Plant scan
20. Advocate Wallpaper 1.1.9
21. Ruddy SMS Mod
22. Ignite Clean 7.3
23. Antivirus Security – Security Scan, App Lock
24. Collate Face Scanner

Di antara beberapa daftar aplikasi di atas. Apakah Anda salah satu orang yang menggunakannya?. Jika iya, maka disarankan untuk dihapus agar ponsel Android Anda tidak terjangkit virus tersebut.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : kompas.com

Komentar