oleh

Indonesia Kenalkan Konsep Indo-Pasifik pada KTT Asia Timur

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia akan memperkenalkan wawasan bersama (Collective Outlook) konsep Indo-Pasifik kepada Negara-negara dalam KTT Asia Timur (East Asia Summit) di Singapura pada 15 November mendatang.

Pertemuan ini merupakan rangkaian acara KTT ASEAN di Singapura pada 12-15 November.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir mengatakan isu ini menjadi salah satu prioritas Indonesia untuk disampaikan di ASEAN.

ASEAN saat ini sedang membahas suatu konsep Indo-Pasifik dan menurut dia, tahapannya sudah cukup maju.

“Untuk pertama kalinya konsep ini akan dibahas dalam kerangka East ASEAN Summit,” ujar dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan Indonesia berharap para Negara-negara Asia Timur dapat mendukung kerja sama dalam kerangka Indo-Pasifik yang bersifat inklusi dengan menghormati hukum Internasional secara transparan.

Sebelumnya, Indonesia telah mengajak Negara-negara ASEAN untuk mengembangkan wawasan bersama konsep Indo-Pasifik. Kementerian Luar Negeri telah berinisiatif menyelenggarakan pertemuan retreat pejabat tinggi ASEAN (Senior Officer Summit/SOM) untuk membahas khusus konsep Indo-Pasifik di Jakarta, awal September lalu.

Dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, karena Indonesia terletak di poros (fulcrum) kawasan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, sehingga berpandangan bahwa peran proaktif ASEAN tidak terelakkan dan mendesak di tengah perubahan geopolitik dan geostrategis di kawasan.

Untuk itu, Indonesia mendorong ASEAN untuk dapat mengembangkan suatu wawasan bersama (collective outlook) atau kerangka kerja dengan fokus terhadap beberapa bidang kerja sama yang relevan dengan perkembangan dinamika kawasan, yaitu maritim, konektivitas, dan agenda pembangunan berkesinambungan. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (8/11/2018).

Kementerian Luar Negeri menyebut konsep Indonesia dimaksudkan untuk dapat memberikan nilai tambah bagi mekanisme kerja sama ASEAN yang telah ada saat ini dalam mewujudkan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan demi keuntungan bersama, khususnya melalui penguatan KTT Asia Timur (East Asia Summit/EAS).

Pertemuan retreat tersebut menyepakati bahwa ASEAN perlu mengembangkan suatu wawasan bersama mengenai Konsep Asia Indo-Pasifik berdasarkan sentralitas ASEAN. Pertemuan juga telah menyetujui untuk semakin memperkuat prinsip-prinsip dasar dan bidang kerja sama di bawah konsep kerja sama yang dimaksud. (AA)

Loading...