Indonesia Lolos ke Piala Sudirman 2023 Meski Gagal di BAMTC 2023

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Tim Penulis PortalMadura.com

Indonesia Lolos ke Piala Sudirman 2023 Meski Gagal di BAMTC 2023
Tim China mengangkat tropi Piala Sudirman ketika prosesi penganugerahan di di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Minggu (26/5/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/ama.

PortalMadura.com-Indonesia berhasil meraih tiket lolos ke 2023. Skuad berhasil melangkah ke putaran final melalui jalur ranking kualifikasi, meski gagal meraih prestasi di ajang Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023.

Piala Sudirman 2023 akan digelar pada 14-21 Mei di Suzhou, Cina, dan diikuti oleh 16 negara yang telah memastikan diri lolos. Berdasarkan regulasi yang berlaku, 16 tiket lolos putaran final Sudirman Cup 2023 terbagi ke dalam beberapa jalur.

Satu tiket telah dipastikan untuk tim tuan rumah, dan satu lagi untuk juara bertahan. Selanjutnya, tiga tiket diberikan kepada semifinalis BAMTC 2023 (Asia), dan empat tiket untuk semifinalis EMTC 2023 (Eropa). Tiga tiket lainnya masing-masing untuk juara dari AASC (Afrika), juara Pan Am Cup (Amerika), dan OTC (Oceania).

Empat tiket terakhir diambil berdasarkan ranking dunia tim beregu campuran. Namun, karena Cina berstatus sebagai juara bertahan sekaligus tuan rumah, satu tiket tambahan diberikan kepada tim berdasarkan ranking dunia.

Untuk kawasan Asia, tiga tiket dari BAMTC 2023 diambil oleh India, Thailand, dan Korea Selatan. Cina, yang masuk sebagai semifinalis, tidak mengambil haknya, karena sudah mendapat jatah tiket tuan rumah.

Empat tiket kawasan Eropa dari ajang EMTC 2023 didapatkan oleh Denmark, Jerman, Prancis, dan Inggris. Berikutnya, jatah tiket AASC (Afrika) menjadi milik Tim Mesir, juara Pan Am Cup (Amerika) disabet Tim Kanada, serta jatah tiket juara OTC (Oceania) diamankan Tim Australia.

Sementara itu, tiket sisa untuk jatah tim berdasarkan ranking beregu campuran dunia, diberikan kepada Indonesia, Malaysia, Taiwan, dan Singapura.

Meski lolos ke Piala Sudirman 2023, kegagalan tim Indonesia di BAMTC 2023 patut menjadi catatan penting. Terlebih lagi, skuad beregu campuran Merah Putih takluk 1-3 dari Korea Selatan di perempat final, dan kecolongan di sektor andalan, ganda putra.

Perbaikan dan evaluasi mesti segera dilakukan skuad beregu campuran Indonesia, terutama jika ingin meraih kembali gelar Piala Sudirman. Merah Putih terakhir kali meraih gelar Piala Sudirman pada tahun 1989.

“Kita harus bekerja lebih keras dan berlatih lebih giat lagi, agar tidak gagal di Piala Sudirman. Pelajaran pahit ini (kegagalan menembus semifinal BAMTC) harus kita terima,” kata Rionny Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

Tim bulu tangkis Indonesia akan mengikuti ajang Piala Sudirman 2023 dengan status sebagai unggulan ke-3. Piala Sudirman adalah ajang bulu tangkis terbesar yang diadakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), di mana tim nasional dari berbagai negara akan berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara.

Tuan rumah Cina, yang juga sebagai unggulan pertama, akan masuk di Grup A, sedangkan Jepang sebagai unggulan kedua akan berada di Grup D. Sedangkan tim bulu tangkis Indonesia dan Malaysia akan diundi untuk menempati Grup B atau C.

Sementara unggulan 5-8 yakni Thailand, Korea Selatan, Denmark, dan Taiwan akan diundi untuk menempati empat grup berbeda, Pada 25 Maret 2023, akan dilakukan pengundian atau fase drawing untuk ajang Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China

Pada tahap awal, setiap tim akan bermain melawan tiga tim lain di grup yang sama, dan hanya dua tim terbaik yang akan melaju ke babak gugur. Pertandingan babak gugur akan dimulai dari perempat final, semifinal, dan grand final yang akan berlangsung pada tanggal 28 Mei hingga 4 Juni 2023 di Suzhou Olympic Sports Centre, China.

Selain tim bulu tangkis Indonesia, masih ada 15 negara peserta lainnya, yaitu China, Korea Selatan, Thailand, India, Jepang, Denmark, Inggris, Perancis, Jerman, Kanada, Australia, Mesir, Malaysia, China Taipei, dan Singapura.

Sebagai unggulan ke-3, tim bulu tangkis Indonesia diharapkan bisa memberikan performa terbaik dan meraih hasil yang memuaskan di ajang Piala Sudirman 2023. Meski status sebagai unggulan tidak menjamin kemenangan, namun bisa menjadi motivasi dan target bagi tim Indonesia untuk berusaha semaksimal mungkin.

Berikut adalah daftar negara peserta Piala Sudirman 2023:

  1. China
  2. Korea Selatan
  3. Thailand
  4. India
  5. Jepang
  6. Denmark
  7. Inggris
  8. Perancis
  9. Jerman
  10. Kanada
  11. Australia
  12. Mesir
  13. Indonesia
  14. Malaysia
  15. China Taipei
  16. Singapura

Keseruan pertandingan bulutangkis dalam Piala Sudirman tentu saja dinantikan oleh para penggemar bulutangkis di seluruh dunia. Mereka akan menyaksikan pertandingan-pertandingan yang sengit dan menegangkan dari para pemain bulutangkis terbaik di dunia.(*)

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.