PortalMadura.com

Indonesia Luncurkan 3 Aplikasi Perlindungan Buruh Migran di Singapura

  • Jumat, 9 Maret 2018 | 07:27
Indonesia Luncurkan 3 Aplikasi Perlindungan Buruh Migran di Singapura
Singapura (Foto. .pramugari.id)
Loading...

PortalMadura.Com, Jakarta – Kementerian Luar Negeri RI akan meluncurkan tiga produk dan aplikasi perlindungan TKI di Singapura pada saat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkunjung ke negeri Singa tersebut, 11 Maret 2018.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir menjelaskan, ketiga aplikasi tersebut adalah kartu pekerja Indonesia yang berisi informasi pelaut untuk mempermudah pendataan masalah pelaut Indonesia.

Aplikasi selanjutnya adalah job order online. Aplikasi ini memudahkan agensi perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) memberikan dokumen secara daring untuk mempekerjakan TKI.

“Selain itu juga ada pengintegrasian BPJS Ketenagakerjaan ke dalam sistem aplikasi pekerja Indonesia di Singapura,” ujar Armanatha di Jakarta, Kamis (8/3/2018), dilansir Anadolu.

Menurut dia, TKI wajib memiliki BPJS Ketenagakerjaan, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Dengan aplikasi tersebut, semua data dan informasi dapat diketahui secara daring.

“Pada saat peresmian nanti akan dihadiri sekitar 3000 TKI di KBRI Singapura,” jelas dia.

Peluncuran aplikasi tersebut, menurut dia, merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan pelayanan WNI di manapun menggunakan teknologi.

Beberapa langkah untuk meningkatkan perlindungan WNI menurut dia adalah dengan memperkuat sistem hukum, menggandeng kementerian dan lembaga terkait.

“Kita juga meningkatkan kapasitas pejabat diplomat yang akan ditempatkan di lokasi yang banyak tenaga kerja Indonesianya,” imbuh Armanatha.(AA)

Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional