Indonesia Target Proses Pemindahan Ibu Kota Pada 2024

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia target proses pemindahan ibu kota pada 2024
Lanskap Ibu Kota Jakarta saat malam. (Muhammad Latief - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Indonesia menargetkan proses dari Jakarta ke lokasi baru dimulai pada 2024 mendatang.

Aktivitas pemindahan merupakan skenario yang disiapkan Pemerintah terkait rencana pemindahan tersebut. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (13/5/2019).

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional () Bambang Brodjonegoro, skenario rencana pemindahan ibukota yakni pada periode 2019 – 2020.

Pemerintah bakal memutuskan lokasi yang mana akan dijadikan pusat Pemerintahan yang baru.

Bambang Brodjonegoro mengatakan pada sisa waktu hingga akhir Tahun ini, Pemerintah akan merampungkan kajian terhadap sejumlah kandidat lokasi yang akan menjadi calon ibu kota.

Bambang mengatakan setelah lokasi diputuskan, maka Pemerintah akan berkonsultasi dengan parlemen untuk menyepakati bentuk produk hukum terkait pemindahan ibu kota itu.

“Kita akan bahas apakah UU ini merevisi UU tentang DKI Jakarta, apakah UU yang benar-benar baru. Tentunya akan dilakukan pada periode 2019 sampai awal 2020,” ujar Bambang Brodjonegoro di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta pada Senin.

Pada periode 2020 – 2021 Mantan Menteri Keuangan itu mengatakan Pemerintah akan mulai menyiapkan desain lahan yang akan digunakan untuk pusat Pemerintahan.

Sementara pada periode tiga Tahun terakhir yakni 2022-2024, Pemerintah akan mulai melakukan konstruksi atau pembangunan infrastruktur dasar.

“Kita sudah masuk ke pembangunan fasilitas pusat Pemerintahannya demikian juga kawasan pendukungnya juga perumahan, perumahan komersial minimum dulu,” pungkas dia.

Pada 2024 kata dia, Pemerintah akan mulai melakukan proses pemindahan.

Namun, kata dia Pemerintah belum memutuskan apakah nantinya akan dilakukan secara bertahap atau secara keseluruhan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.