oleh

Indonesia Tegakkan Disiplin Prajurit Perdamaian PBB di Lebanon

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia menegaskan ikut aktif dan terlibat langsung dalam upaya menegakkan disiplin prajurit yang bertugas di misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL).

Hal tersebut disampaikan Penasehat Militer Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York Brigjen TNI Fulad saat melakukan peninjauan ke Satgas Indonesia Sector East Military Police Unit (SEMPU) yang berada di UNP 7-3, Lebanon Selatan.

“Pemerintah Indonesia tidak hanya mengirimkan para Prajurit Pemelihara Perdamaian di garis depan, akan tetapi turut aktif dalam penegakkan aturan hukum dan disiplin prajurit di daerah Misi UNIFIL,” ujar Fulad pada Minggu.

Menurut Brigjen TNI Fulad, wilayah timur Lebanon merupakan wilayah yang banyak terdapat Markas Pasukan Pemelihara Perdamaian dari berbagai kontingen Negara-negara Troops Contributing Country (TCC).

Itu sebab, kata dia, dibutuhkan kehadiran Polisi Militer yang bertugas untuk mengeakkan aturan hukum dan disiplin.

“Di samping Indonesia Military Police melaksanakan tugas pokoknya, juga melaksanakan tugas protokoler para Ketua Delegasi dari berbagai Negara yang memasuki area operasi UNIFIL,” ujar dia. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (5/11/2018).

Dia juga menyampaikan tugas yang dilakukan oleh Indonesia SEMPU dapat dilaksanakan dengan baik sehingga sampai saat ini tidak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh para Prajurit yang tergabung di Misi UNIFIL.

“Satgas SEMPU mendapat apresiasi yang tinggi dalam menjalankan tugasnya, dan dapat menjalin komunikasi intensif dengan seluruh Kontingen di UNIFIL Sector East dan Masyarakat setempat,” ungkap dia. (AA)