Ingin Amankan Diri di Internet? Ini 3 Aplikasi Wajib Ada di Ponsel Anda

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Amankan Diri di Internet? Ini 3 Aplikasi Wajib Ada di Ponsel Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan internet di belahan bumi ini tidak terkecuali Indonesia memiliki banyak hal positif yang bisa dilakukan. Seseorang dengan mudah bisa berjejaring melalui Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya dengan orang-orang dari berbagai negara.

Akan tetapi, tidak sedikit dari segelintir orang yang justru memanfaatkan internet dengan cara yang tidak baik atau negatif. Misalnya, melakukan peretasan, penipuan, pelacakan, dan sebagainya.

Akibat dari penyalahgunaan aturan itu tentu akan membuat sebagian orang merasa dirugikan. Nah, untuk berjaga-jaga mencegah hal itu terjadi, berikut ini rekomendasi tiga jenis aplikasi yang wajib dipasang di ponsel yang terhubung ke internet:

VPN
Aplikasi VPN direkomendasikan berupa Opera VPN. Aplikasi VPN dari perusahaan yang mengembangkan browser fenomenal Opera ini tersedia untuk ekosistem Android dan iOS.

Aplikasi ini dibekali sejumlah kelebihan yaitu meningkatkan privasi pengguna dalam berinternet, menghilangkan cookies pelacak iklan, memudahkan pengguna dalam mengakses lebih banyak konten di internet, memperluas jangkauan geografis aplikasi, serta menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi).

Pemblokir Iklan
Mengapa pemblokir iklan diperlukan?, sederhana saja. Ada sejumlah malware yang berkamuflase dalam bentuk iklan. Karena itu, demi kenyamanan ketika berselancar, sebaiknya Anda menggunakan pemblokir iklan.

Fitur pemblokir iklan terdapat secara built-in di sejumlah browser. Setidaknya ada tiga browser yang menyediakan pemblokir iklan yaitu Opera, UC, dan Dolphin.

Antivirus dan Anti-Malware
Hampir semua orang akrab dengan aplikasi antivirus, tetapi sedikit saja yang mengetahui anti-malware. Banyak anti-virus mencakup kemampuan untuk memindai dan mencegah malware, tetapi tidak semuanya.

Jika Anda ingin aman, lengkapi antivirus yang ada dengan anti-malware, misalnya Malwarebytes Anti-Malware. Ingatlah untuk selalu memperbarui Antivirus dan Anti-Malware di ponsel Anda. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.