Ingin Bawa Barang Pakai Sepeda Motor dengan Aman dan Nyaman? Begini Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Bawa Barang Pakai Sepeda Motor dengan Aman dan Nyaman? Begini Caranya
Ilustrasi (MobiMoto.Com)

PortalMadura.Com – Masyarakat Indonesia kebanyakan mengangkut barang tidak hanya menggunakan mobil saja tapi juga masih ada yang pakai sepeda motor. Padahal, barang bawaan yang terlalu berlebihan bisa membahayakan dirinya sendiri dan juga orang lain.

Apalagi, pemotor tidak memerhatikan muatan barang yang diangkut. Akibatnya akan mempengaruhi akselerasi saat berkendara. Seharusnya, ketika membawa barang menggunakan sepeda motor, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Apa saja?. Dilansir Detik.com, yang dikutip dari siaran pers Astra Honda Motor, berikut ini tips saat membawa barang secara aman dengan sepeda motor:

Perhatikan Berat Barang Bawaan

Pastikan Anda tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Pada buku panduan pemilik sepeda motor, tercantum beban maksimal barang bawaan yang bisa ditampung oleh sebuah kendaraan.

Untuk itu, perlu dicermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya. Membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampak dari hal ini.

Perhatikan Lebar Barang

Jika Anda berkendara dengan membawa barang bawaan di depan, barang yang diangkut tersebut tidak boleh melebihi panjang dari stang kendaraan. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi ruang gerak pengemudi dan berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan kehilangan keseimbangan atau terjatuh.

Barang Bawaan Jangan Sampai Terlalu Tinggi

Masih sering ditemui pemotor yang nekat membawa barang bawaan dengan dimensinya melebihi tinggi badan pengemudi tersebut. Nah, hal ini jangan sampai Anda lakukan, soalnya dapat mempengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

Ikat Barang dengan Kuat

Kondisi jalanan yang tidak selalu mulus membuat barang bawaan Anda berpotensi mengganggu keseimbangan atau bisa saja jatuh sewaktu-waktu. Untuk menghindari risiko tersebut, pengguna sepeda motor perlu memastikan telah mengikat barang tersebut dengan kuat pada motor.

Barang Bawaan Tidak Menutupi Lampu Belakang

Apabila barang bawaan berada di belakang, perlu dipastikan bahwa barang tersebut jangan sampai menutupi lampu sein dan lampu rem. Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein dan lampu rem yang penting untuk menyampaikan informasi, sekaligus memberikan tanda pada pengendara di belakang ketika akan berbelok atau mengurangi kecepatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.