Ingin Cegah Baret di Kaca Mobil Anda? Lakukan Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Cegah Baret di Kaca Mobil Anda? Lakukan Hal Ini
ilustrasi (liputan8.com)

PortalMadura.Com – Memiliki mobil yang nyaman adalah dambaan setiap orang. Diantara bagian yang sangat erat kaitannya dengan kenyamanan bahkan keamanan berkendara adalah bagian depan.

Kaca mobil bagian depan merupakan bagian terpenting visualisasi pengendara melalui ruang kabin pada arah yang dituju. kenyamanan berkendara bisa terganggu bila bagian ini kurang mendapat perhatian. Apalagi jika mengemudi di malam hari atau saat hujan, memerlukan kaca yang jernih agar pandangan ke depan tetap jelas. Perlakuan yang kurang tepat dapat mengakibatkan kaca depan baret atau tergores sehingga mengganggu jarak pandang.

Berikut tiga cara yang dapat Anda lakukan agar kaca depan mobil tidak baret dan terjaga kejernihannya:

Rutin Membersihkan Kaca Mobil
Debu yang menempel dapat menambah gesekan saat wiper bergerak. Ini berpotensi mengakibatkan baret pada permukaan kaca mobil.

Bersihkan kaca mobil secara berkala, minimal seminggu sekali, bersamaan dengan mencuci mobil. Setelah dicuci, keringkan menggunakan kain lap berdaya serap tinggi (chamois) sehingga tidak tersisa titik-titik air di kaca mobil.

Pastikan Tangki Air Wiper Selalu Terisi
Agar gerakan wiper tidak merusak kaca, harus ada air yang melancarkan gerakan wiper. Jika air hujan tidak ada atau kurang, pastikan air di tangki wiper. Air wiper juga berfungsi mengikat debu dan kotoran yang menempel di kaca, yang kemudian disapu dan dibersihkan wiper.

Ganti Karet Wiper Secara Berkala
Karet wiper yang aus, selain tidak sempurna menyapu air di kaca, juga dapat membuat kaca baret. Hal ini bisa terjadi pada karet wiper yang dilengkapi tulang berupa lempengan besi. Jika karet terlipat atau koyak, maka bagian besi tersebut yang akan bersentuhan dengan kaca. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.