oleh

Ingin Foto Selfie Anda Tak Berbuah Bully di Medsos? Ikuti 5 Tips Ini

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu sudah sering melakukan selfie. Tidak dipungkiri, memang di zaman yang serba modern ini sangat mudah untuk melakukan hal tersebut. Bahkan, sangat wajar apabila hampir setiap hari mereka bisa menemukan berbagai foto selfie di Media Sosial (Medsos) manapun.

Sebenarnya, selfie sah-sah saja dilakukan sebagai ekspresi kenarsisan. Akan tetapi, terkadang selfie yang Anda lakukan sangat mengganggu orang lain, bahkan bisa membahayakan diri sendiri. Sehingga, tidak sedikit foto selfie yang sebenarnya ingin mendapat pujian malah mendatangkan bahan bully-an (ejekan).

Mengapa bisa begitu?. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda hindari lima hal berikut ini:

Caption buruk
Ketika Anda membuat foto selfie dengan pose bagus, pastikan caption yang Anda berikan di media sosial juga bagus. Jangan pernah menggunakan kata-kata atau kalimat bernuansa SARA atau memicu kontroversial.

Salah Tempat dan Waktu
Selalu ada tempat yang oke untuk dijadikan latar belakang selfie, tapi tentunya bukan sebuah acara pemakaman. Misalnya, mungkin saja Anda ingin mengekspresikan kesedihan karena ditinggal orang tersayang, tapi jika itu dilakukan dengan foto selfie, Anda akan dianggap tidak berempati.

Bagaimanapun juga, selfie adalah sebuah kesenangan dan pemakaman bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Terlalu Sering Pamer Wajah
Selfie memang melibatkan wajah, tapi bukan berarti Anda harus melakukannya dengan mengeksploitasi wajah, apalagi jika wajah Anda tergolong biasa-biasa saja.

Jika mendatangi suatu tempat dan berencana melakukan selfie, pastikan setidaknya ada sekitar 30 persen latar belakang dari tempat tersebut yang tertangkap di foto selfie.

Jadi, jangan biarkan frame foto selfie itu hanya berisikan wajah, karena sekalipun diberi caption “lagi seru-seruan di Dufan”, teman Anda di media sosial tidak akan mendapatkan hal “seru” yang Anda maksud. Terkecuali jika Anda adalah badut Dufan.

Tidak Memperhatikan Objek di Belakang
Sebelum memposting foto selfie, pastikan Anda mengecek background yang tertangkap kamera. Jangan sampai ada objek-objek yang tidak Anda inginkan justu ikut eksis dalam foto Anda, misalnya tumpukan pakaian kotor atau mungkin poster sebuah film porno.

Percayalah, tidak sedikit mereka yang selfie mendapatkan hujatan karena objek yang tertangkap di belakangnya.

Hindari Pose yang Sama
Selfie memang sebuah aksi narsisme, tapi bukan berarti harus dilakukan secara repetitif. Ketika pose duck face dianggap paling pas dengan wajah Anda, jangan lakukan pose itu secara terus-menerus.

Ingat, yang melihat foto selfie itu bukanlah Anda sendiri, melainkan orang lain. Jadi, jangan biarkan mereka muak dan tidak ragu-ragu menghujat Anda karenanya. (yangcanggih.com/Lala)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.