Ingin Jam Tangan Tetap Awet? Ini Cara Merawatnya!

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com bukan hanya menunjukkan waktu saja, melainkan  pada zaman sekarang jam tangan menjadi salah satu dari aksesoris pelengkap gaya busana baik pria maupun wanita.

Sama halnya dengan aksesoris yang lain, jam tangan juga penting untuk dirawat agar tetap awet dan tahan lama.  Maka itu penggunaan jam tangan memang tidak boleh kasar. Sayang banget kan Toppers kalau kita sudah beli jam tangan dengan harga yang tidak murah tapi, rusak begitu saja. Berikut ini Portal akan ungkap cara mudah jam tangan kamu agar lebih awet dan tahan lama.

1. Hindarkan Magnet dari Jam Anda

Apa hubungan magnet dengan rusaknya jam tangan? Banyak orang tidak mengerti dan menganggap sepele mengenai hal ini. Namun yang harus kita tahu medan magnet yang dihasilkan oleh barang elektronik (umumnya) akan mempengaruhi perputaran jam anda. Sehingga bila jam anda tidak menunjukkan pukul atau waktu dengan benar. Maka jangan pernah meletakkan jam diatas benda yang memiliki medan magnet.

2. Cek Tali Jam Anda dan Jangan Lupa Dibersihkan

Jam tangan bila tanpa tali jam maka seperti nasi tanpa garam. Dengan anda rajin mengecek, dan membersihkan tali jam anda, maka anda terhindar dari penyakit kulit yang umumnya ialah iritasi kulit, karena disebabkan oleh keringat dan bakteri yang menempel pada tangan anda.  Membersihkan tali jam pun tidak sembarangan, harus mempertimbangkan bahan tali jam anda.

Stainless : Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan sisa – sisa daki dan keringat yang menempel pada jam.

Kulit :  Gunakan kain yang dibasahi sedikit,karena kulit tidak boleh terkena air,apalagi kulit juga memproduksi keringat. Tambahkan lotion perawat kulit sedikit saja untuk menjaga bahan tali jam dari kulit tersebut.

Kanvas : Gunakan sikat gigi dan juga sabun untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada tali kanvas anda. Keringkan menggunakan kertas koran, karena kertas koran berfungsi sebagai penyerap air. Lalu keringkan dan di angin-anginkan.

Karet :  Gunakan lap basah dan sabun untuk menghilangkan sisa daki dan keringat. Lalu keringkan.

3. Simpan Jam Anda di Tempat yang Kering

Tindakan termudah yang bisa kita lakukan untuk merawat agar jam kita baik dan tetap awet ialah menyimpannya di tempat yang kering. Bila anda meletakkan ditempat yang memiliki suhu ruangan tertentu (ruangan ber-AC, ruangan yang terkena cahaya langsung), maka suhu tersebut otomatis akan mempengaruhi jam tangan anda. Simpanlah jam anda dalam wadah,atau kotak khusus jam tangan.

4. Bersihkan Jam Tangan dengan Tissue Basah

Bersihkan jam anda dengan tissue basah, karena bila anda hanya menggunakan tissue biasa, itu akan membuat goresan di kaca jam tangan anda, begitu pula dengan menambahkan air pada tissue biasa. Tissue basah yang baik dan tidak membuat goresan adalah tissue basah yang digunakan untuk membersihkan kulit bayi. Biarkan kering tanpa menggukan tissue kering atau pun dryer (pengering), karena akan membuat komponen dalam jam tangan rusak.

5. Cocokan Penggunaan Jam Tangan Dengan Kegiatan Anda

Bila anda sedang jogging atau berolahraga, jangan menggunakan bahan stainless, karena dapat menimbulkan karat pada tali jam tangan anda maupun jam tangan anda itu sendiri. Gunakan saja dengan bahan karet. Akan lebih cocok dan sesuai, karena karet tidak menyerap keringat dan tahan dari benturan.

Gimana? Merawat jam tangan ternyata mudah kan? Untuk menjaga kualitas jam tangan tersebut, sebaiknya kamu melakukan perawatan jam tangan ini minimal seminggu sekali ya. (vestyles.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.