Ingin Mobil Matik Tetap Prima Saat Dikendarai? Jangan Lakukan 5 Hal ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Mobil Matik Tetap Prima Saat Dikendarai? Jangan Lakukan 5 Hal ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak orang yang menggunakan daripada yang bertranmisi manual. Salah satu alasannya karena lebih mudah dikendarai. Apalagi bagi seseorang yang baru belajar mobil. Dengan mobil matik akan lebih cepat bisa mengendarai.

Namun ternyata, perawatan mobil matik lebih sulit dibandingkan yang manual. Selain itu, apabila salah satu komponen rusak, bisa menyebabkan komponen lainnya mengalami kendala. Sehingga pengendara mobil matik harus tahu beberapa hal yang tidak boleh dilakukan agar performa dan umur kendaraan tetap terjaga. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari lman liputan6.com yang mengutip dari Suzuki.

Lantas apa saja yang tidak boleh dilakukan pada mobil matik agar selalu dalam kondisi prima? Berikut ini penjelasannya:

Jangan Pindahkan Transmisi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Mungkin ada pemilik mobil bertransmisi matik yang berpikir ketika melintasi turunan tanpa memasukkan gigi transmisi akan lebih hemat bahan bakar.

Namun, cara ini salah dan harus dihindari. Apabila sering dilakukan, transmisi akan mudah jebol karena terdapat pompa oli dan lainnya.

Selain itu pada model mobil saat ini, jika pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun, mesin mobil akan menyesuaikan diri agar tidak mengkonsumsi bahan bakar.

Ketika tetap memasukan gigi, fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin dengan begitu tidak ada bahan bakar yang digunakan.

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mengganti Gigi

Sebelum mengganti posisi gigi, pastikan kendaraan sudah dalam posisi diam. Contohnya, saat Anda ingin memundurkan mobil ‘R' dari posisi ‘D', pastikan mobil sudah berhenti, begitu juga sebaliknya.

Gunakan rem untuk berhenti. Ingat, transmisi dirancang hanya untuk mengganti gigi sementara untuk membuat mobil berhenti disarankan untuk selalu menggunakan rem.

Baca Juga: Pacar Mengawali, 6 Pemuda Sumenep Ramai-ramai Perkosa Anak Bawah Umur 

Kendaraan Jangan Langsung Digeber

Ada beberapa pemilik mobil matik yang memposisikan gigi di ‘netral' lalu langsung menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi ‘drive'.

Hal ini sangat tidak disarankan karena berisiko merusak komponen transmisi dan juga clutch pada kendaraan.

Saat Lampu Merah Pindahkan Gigi ke Posisi Netral

Saat terkena macet atau lampu merah sebaiknya memindahkan tuas transmisi itu dari ‘drive' ke posisi ‘netral'.

Kebiasaan pada umumnya pengemudi mobil matik tetap menginjak rem dalam kondisi tuas masih berada di posisi ‘D', padahal hal ini akan membuat umur transmisi lebih pendek daripada seharusnya.

Jangan Pindahkan Gigi pada Posisi ‘P' Ketika Mobil Belum Berhenti

Ketika hendak memarkir mobil, pastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan transmisi ke posisi ‘P'.

Pindah tuas transmisi saat mobil belum berhenti, berisiko merusak dan memperpendek umur transmisi. Terlebih tuas ‘P' untuk parkir bukan untuk mengerem kendaraan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.