Ingin Mozilla Firefox Anda Makin Kencang? Yuk, Intip Caranya di Sini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Mozilla Firefox Anda Makin Kencang? Yuk, Intip Caranya di Sini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu peramban situs terpopuler di dunia yang masih banyak penggunanya sampai saat ini, yaitu . Sayangnya, kelemahan dari peramban yang berlogo serigala itu jika sering digunakan akan semakin melambat.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat performa peramban yang melambat. Salah satunya dengan memanfaatkan ekstensi untuk aplikasi seperti menonaktifkan Pocket dan integrasi lain, dan mencari aplikasi dengan konsumsi memori terbanyak.

Namun, untuk melakukan langkah-langkah itu, Anda perlu memerhatikan versi peramban yang digunakan. Pastikan Anda menggunakan atau telah mengunduh versi terbaru dari Firefox yang dapat ditemukan pada menu About Firefox.

Pada umumnya, Mozilla Firefox membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai dan melakukan loading jika dibandingkan dengan peramban lain. Untuk mempercepat proses tersebut, Anda dapat mengakses About:Preferences, dan pada menu General, hapus tanda centang pada kolom Always check if Firefox is your default browser.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses About:Preferences, dan pada menu General, akses When Firefix Starts dan pilih Show a blank page.

Perlu Anda ketahui, bahwa Firefox juga mengonsumsi banyak ruang penyimpanan CPU ataupun RAM, yang turut berpengaruh pada performa peramban. Karenanya, Anda dapat memulai ulang Firefox pada Safe Mode, memungkinkan peramban berfungsi tanpa add-on ataupun plugins.

Nah untuk melakukan hal itu, Anda dapat mengakses menu Options yang diwakili ikon tiga garis pada sudut kiri bar URL, klik ikon tanda tanya, kemudian klik Restart with Add-ons Disabled.

Firefox kemudian akan memulai ulang dan menampilkan dua opsi, Start in Safe Mode atau Refresh Firefox, dan pilih opsi Start in Safe Mode, untuk mengaktifkan add-on satu per satu dan untuk mengetahui add-on yang bermasalah.

Jika tidak ditemukan pada Safe Mode, permasalahan terdapat pada tab Firefox. Untuk menyelesaikannya, instal ekstensi Auto Unload Tab, yang secara otomatis akan melakukan unload sumber yang digunakan oleh tab tidak aktif tersebut.

Sementara itu, performa lambat Firefox juga dapat ditemukan pada perangkat hardware berkemampuan baik. Untuk meningkatkan performanya, Anda dapat mengakses About:Preferences, dan pada menu General, gulir ke Performance dan hapus tanda centang pada Use recommended performance settings.

Selanjutnya, centang kotak Use hardware acceleration when available, untuk mengalihkan beban kerja ke GPU, dan ubah Content Process Limit ke empat atau lebih, untuk perangkat dengan RAM 8GB.

Kalau gagal, kembali ke kondisi default peramban, menghapus seluruh add-on dan kustomissi, serta mengembalikan pengaturan perambang ke default. Untuk melakukan hal itu, akses about:support > Give Firefox a tune up, klik Refresh Firefox > pada kotak dialog, klik Refresh Firefox sekali lagi. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.