Ingin Posting Foto Liburan di Instagram Jadi Menarik? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Posting Foto Liburan di Instagram Jadi Menarik? Yuk, Ikuti Tips Berikut!
ilustrasi (detik.com)

PortalMadura.Com – Nikmatnya liburan tentu karena Anda bisa berfoto-foto, dan akan semakin menyenangkan jika diunggah ke media sosial, seperti , Facebook atau Twitter. Lalu foto tersebut mendapat banyak like.

Namun, ketika Anda Meng-upload foto-foto liburan ke Instagram tidak boleh dilakukan asal-asalan. Agar foto-foto liburan Anda menarik, mendapatkan banyak like, dan bahkan tidak di-block oleh teman Instagram Anda. Anda perlu menambah pengetahuan mengenai teknik memotret, khususnya untuk tujuan posting di Instagram.

Seorang fotografer asal Amerika Serikat, Paul Costello, berbagi tips memotret agar foto-foto liburan kelihatan menarik di Instagram. Berikut tipsnya:

Perhatikan Komposisi
Memotret dengan kamera ponsel bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto-foto panorama indah. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi.

Manfaatkan momen di sekitar saat mengabadikan gambar, misalnya penggunaan background dan fourground. Perpaduan nilai artistik dan humanis akan menghasilkan foto yang dramatis.

Memilih Sudut Pandang (Angle)
Pemilihan sudut pandang akan menentukan kualitas foto. Semakin menarik sudut pandang maka hasil foto akan semakin bagus. Gambar yang “bercerita” tergantung pada kreativitas.
Pengambilan sudut pandang yang kreatif akan menghasilan foto dramatis, misalnya berfoto saat sunset di tepi pantai.

Permainan Warna
Setelah memperhatikan komposisi dan sudut pandang, hal yang tidak kalah penting dalam mengabadikan panorama adalah permainan warna.

Untuk mendapatkan warna yang bagus, perhatikan tiga hal ini, yakni pencahayaan, warna dan latar belakang obyek. Perhatikan warna yang lebih kotras antara obyek yang akan difoto dengan latar belakang obyek.

Mengedit Foto
Tidak ada foto indah tanpa diedit. Jangan langsung percaya jika melihat foto-foto indah di Instagram. Foto-foto itu sudah melalui proses editing. Jangan ragu melakukan editing foto karena takut dianggap melakukan manipulasi atau tidak asli. Sentuhan editing akan menghasilkan foto yang menarik.

Perhatikan beberapa hal ini saat melakukan editing, yakni saturasi warna atau menambahkan sedikit kontras agar foto lebih menarik. Kemudian ketajaman foto. Jika menggunakan ponsel, pada beberapa jenis ponsel pintar biasanya sudah tersedia pilihan seperti vintage, monochrom dsb.

Simplicity
Kesederhanaan akan membuat foto lebih menarik di Instagram. Tidak perlu berpose berlebihan. Beberapa waktu lalu sempat menjadi tren traveler berpose di tempat-tempat berbahaya, seperti tebing yang curam atau turis asal Tionghoa yang menggoyang-goyang pohon agar Bunga Sakura rontok sehingga memberikan efek panorama indah. Alih-alih mendulang “like” dari netizen, malah menuai kecaman atau bahkan kehilangan nyawa. (merahputih.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.