Ingin Punya Anak Saleh dan Saleha? Lakukan Cara Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Punya Anak Saleh dan Saleha? Lakukan Cara Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dianugerahi yang dan merupakan bagian dari kebutuhan spritual orang tua. Setiap orang tua pasti mendambakan kesuksesan dan keberhasilan dunia akhirat bagi buah hati mereka. Anak saleh dan saleha akan menjadi generasi penerus yang dirindukan umat. Sebab, pada merekalah kelak bumi ini akan diwariskan.

Sebagaimana firman Allah SWT:  “Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh,” (QS Al Anbiya: 105).

Kendati demikian, tidak ada cara cepat dan mudah menjadikan anak saleh dan saleha. Perlu kesungguhan dari orang tua guna mewujudkannya. Ada ketentuan yang perlu diterapkan oleh orang tua untuk bisa mempunyai anak saleh dan saleha.

Berikut dua cara yang perlu dilakukan orang tua agar memiliki anak yang saleh dan saleha:

Jadilah Orang Tua yang Saleh dan Saleha
Peribahasa yang sesuai untuk menggambarkannya adalah “buah yang jatuh tidak jauh dari pohon”. Maka begitulah sebab-akibat kepribadian orang tua dan anak.

Kesalehan orang tua memiliki pengaruh besar terhadap anak. Baik dalam proses pegasuhan dan pendidikan anak hingga doa-doa yang dilafadzkan orang tua guna memohon perlindugan Allah bagi anak keturunannya. Penjagaan yang Allah lakukan bahkan bukan hanya pada diri anak tetapi juga atas harta hak mereka.

Demikian yang dikisahkan pada perjalanan nabi Musa, Allah SWT berfirman: “Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh, maka Rabbmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari Rabbmu,” (QS Kahfi: 82).

Penuhi Hak Anak
Dalam Islam, ada beberapa hak anak yang harus ditunaikan oleh orang tua, yakni memberi nama yang baik, menafkahi hanya dari harta halal, menyediakan pendidikan serta menjaga lingkungannya, hingga kelak menikahkan dengan seseorang yang baik agamanya.

Semua hak anak tersebut saling mempengaruhi agar keinginan mempunyai anak saleh dan saleha dapat terwujud. Sebagaimana doa Nabi Ibrahim as. “Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh,” (Q.S Ash-Shaffaat: 100).

Kebahagiaan yang tiada ternilai dirasakan orang tua dengan anak saleh dan saleha, sebab balasannya adalah syurga. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.