Ingin Punya Penghasilan Saat Ramadan? Ini 5 Bisnis yang Bisa Anda Coba

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Punya Penghasilan Saat Ramadan? Ini 5 Bisnis yang Bisa Anda Coba
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama bulan ramadan, setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri dalam menjalaninya. Ada sebagian orang yang memilih mencari kesibukan dengan bekerja. Akan tetapi, tidak jarang pula yang hanya berdiam diri di rumah dan tidur sepanjang waktu sampai waktu buka puasa tiba.

Daripada bulan suci yang penuh berkah ini Anda tidak memiliki aktivitas dan penghasilan, lebih baik memanfaatkan peluang bisnis untuk menutupi pengeluaran selama ramadan. Karena saat puasa biasanya banyak harga naik dan pengeluaranpun tentu akan semakin membengkak.

Lantas, bisnis apa yang cocok saat bulan ramadan?. Anda tentu membutuhkan bisnis yang tidak banyak pesaingnya dan berbeda dari biasanya. Nah, inilah lima peluang bisnis yang bisa Anda coba:

Bisnis Travel
Bisnis ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu kantor, bermodal komputer dan smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Biasanya, permintaan tiket pesawat sudah naik, bahkan sejak sebelum bulan Ramadan. Itu peluangnya. Hanya saja, menjadi agen wisata harus siap dengan dana segar sebagai deposit. Deposit ini bertujuan untuk membeli jasa travel dengan harga agen, lalu dijual kepada pelanggan dan mengambil marjin dari sana.

Sewa Mobil dan Motor
Punya kendaraan nganggur?. Mengapa tidak dijadikan lahan menghasilkan uang, terlebih jika berencana mudik dengan transportasi umum, seperti kereta api?. Anda bisa menyewakan kendaraan kepada tetangga yang memerlukan kendaraan. Untuk permulaan, pasanglah harga di bawah harga. Yang penting, kendaraan ini bisa mendatangkan uang.

Bisnis Ekspedisi
Jangan salah, ekspedisi pun banyak diserbu konsumen selama bulan Ramadan. Bisnis ini ramai karena banyak paket yang harus diantarkan ke pelanggan, dan Anda bisa memulai bisnis ekspedisi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk memulainya, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Misalnya, jika ingin menjadi agen ekspedisi, Anda harus memiliki tempat layanan (toko, ruko, atau bagian depan rumah yang dibuat menjadi konter), kendaraan, dan uang kurang lebih Rp 7 juta. Uang Rp 2 juta untuk administrasi dan Rp 7 juta untuk jaminan keagenan. Uang keagenan ini akan dikembalikan jika kontrak selesai.

Bisnis Laundry
Bisa dibilang jasa cuci kiloan ini tidak pernah sepi, terlebih jika berada di daerah padat penduduk, seperti kompleks perumahan atau area kampus. Jika tidak ingin repot-repot bermodal mesin cuci, jasa agen laundry layak dicoba. Caranya, pesanan yang masuk, diserahkan kepada laundry yang lebih besar. Anda pun harus siap untuk menjemput dan mengantar cucian dari dan ke tempat laundry.

Bisnis Penitipan Hewan
Menjelang mudik, banyak orang yang bingung ke mana harus menitipkan hewan peliharaan. Kalau mudik dengan mobil dan jaraknya dekat, mungkin hewan peliharaan, seperti kucing, mungkin masih bisa dibawa. Kalau mudik menggunakan pesawat atau kapal laut, mau tidak mau hewan peliharaan harus dititipkan.

Itulah lima bisnis yang bisa Anda coba saat bulan ramadan. Semoga Anda bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga bisa menutupi pengeluaran yang membengkak. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.