Ingin Redakan Batuk Tanpa Minum Obat? Yuk, Manfaatkan 8 Bahan Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Redakan Batuk Tanpa Minum Obat? Yuk, Manfaatkan 8 Bahan Alami Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu gangguan kesehatan yang sering menimpa banyak orang, yaitu batuk. Penyakit ini terjadi ketika virus, bakteri, debu, serbuk sari atau zat lain mengganggu saluran rongga udara diantara tenggorokan dan paru-paru.

Biasanya, saat batuk menyerang seseorang minum sirup obat batuk untuk mengatasinya. Obat ini, memang tidak ada efek samping membahayakan selain mengantuk. Namun, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk meredakan batuk, supaya Anda tidak terganggu efek samping itu.

Berikut delapan bahan alami yang bisa Anda coba untuk meredakan batuk:

Minum Campuran Teh Jahe, Lemon, dan Madu
Minum cairan yang terbuat dari campuran jahe, lemon, dan madu, ini adalah salah satu obat alami terbaik untuk mengobati batuk.

Jahe ampuh untuk mengurangi iritasi akibat sakit tenggorokan. Sementara madu memberi lapisan pelindung pada selaput lendir.

Minum Campuran Apel dan Madu
Saat Anda batuk, Anda perlu minum kombinasi apel dan madu setiap hari untuk mengatur kadar pH dalam tubuh dan melindungi selaput lendir.

Minum Sirup Herbal
Untuk membuat sirup herbal batuk ini, masukan bubuk kunyit, kayu manis, dan cabe rawit ke dalam air mendidih. Saring, lalu tambahkan madu setiap kali Anda akan meminumnya.

Minum Teh Herbal
Teh herbal seperti teh thyme dan teh licorice memiliki sifat antispasmodik dan antibakteri yang membantu mengendurkan trakea dan otot bronkus, sehingga bermanfaat untuk mengobati batuk.

Banyak Minum Air Putih
Minum air putih adalah hal wajib setiap hari saat sedang batuk. Sebab minum air putih akan membuat Anda tetap terhidrasi dengan baik serta menurunkan sekresi lendir.

Hindari Minum Soda
Saat batuk, pastikan untuk tidak minum soda dan cairan asam yang bisa merangsang sekresi dan menyebabkan batuk.

Mandi Air Hangat
Mandi dengan air hangat adalah cara efektif untuk mengobati batuk karena dapat melembapkan saluran pernapasan.

Hindari Makanan Dingin
Mengonsumsi makanan dingin saat batuk bisa mengeringkan saluran pernapasan dan menyebabkan infeksi lebih lanjut. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.