oleh

Ingin Sepeda Tetap Prima Meski Sering Digunakan? Ini 4 Cara Merawatnya

PortalMadura.Com – Bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang saat ini banyak digemari. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak yang melakukan aktivitas ini. Sehingga banyak komunitas bersepeda yang bermunculan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Dimana menjaga imun dengan berolahraga penting dilakukan.

Apalagi sekarang banyak dibangun jalur sepeda yang memudahkan pecinta gowes melakukan aktivitasnya. Meski sepeda merupakan kendaraan tanpa motor, bukan berarti perawatannya dilakukan seadanya saja. Perlu perhatian khusus agar sepeda tetap prima dan tidak mengalami kendala saat sedang dipakai keliling kota.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa cara merawat sepeda agar tetap prima.

Perhatikan Bagian Rantai dan Gir

Rantai dan gir menjadi bagian sepeda yang sangat penting. Pasalnya, rantai dan gir atau sprocket merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga pada sepeda.

Tenaga kayuh yang Anda lakukan akan diubah menjadi energi gerak untuk memutar roda. Karena itu bagian ini harus selalu bersih dari kotoran agar tidak mengganggu Anda saat berkendara.

Perhatian Rem

Satu lagi bagian sepeda yang tidak boleh luput dari pemeriksaan adalah komponen bagian rem. Bagian ini sangat penting untuk keselamatan pengendara. Jika karet rem atau disc tromol rem sudah menipis, sebaiknya segera diganti agar sistem pengereman tetap prima.

Periksa Komponen Bearing

Beberapa bagian sepeda menggunakan bearing, khususnya pada bagian roda. Kendati bentuknya kecil, namun besi bulat yang biasanya terdapat gotri dari baja ini punya fungsi yang sangat penting lho.

Bearing pada roda misalnya, digunakan untuk menghambat gaya gesek putaran roda. Tanpa bearing, roda akan terasa berat saat dikayuh. Artinya fungsi utama bearing adalah untuk menjaga agar poros ban (as roda) tidak langsung bergesekan dengan rumah (roda).

Kebersihan Kerangka

Tidak seperti kendaraan bermotor yang memiliki bodi, tampilan sepeda umumnya hanya berupa kerangka (frame). Selain untuk menopang semua komponen sepeda, kerangka juga berfungsi untuk menahan beban si pengendara. Karena itu struktur kerangka sepeda juga harus menjadi perhatian khusus.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar