Ingin Si Kecil Lahap Santap Semua Makanan? Yuk, Ikuti Trik Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Ingin Si Kecil Lahap Santap Semua Makanan? Yuk, Ikuti Trik Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak-anak pada umumnya sering memilih-milih makanan. Biasanya, mereka lebih suka dengan makanan yang terasa manis, gurih dan bertekstur renyah. Padahal, mereka juga butuh santapan sayur yang nutrisinya sangat dibutuhkan.

Namun, karena mereka tidak suka dengan rasanya, sehingga sulit membuat anak mau mengonsumsi sayuran. Hal ini, kadang bikin orangtua bingung bagaimana agar anak mau menyantap semua makanan tanpa pilih-pilih.

Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa trik bagi Anda untuk membuat anak mau dan lahap menyantap berbagai makanan tanpa pilih-pilih serta tanpa ada unsur paksaan sedikitpun.

Berikut empat trik buat anak lahap santap semua makanan:

Buat Makanan Favorit Mereka
Jika anak Anda suka makan olahan ayam, cobalah membuat masakan berbahan dasar ayam dengan paduan sayur atau kacang-kacangan. Trik menyembunyikan makanan adalah salah satu cara yang efisien.

Anda bisa membuat nugget yang di dalamnya diberi irisan wortel atau sayuran lain. Agar tidak kaget, masukkan komposisi yang sedikit dulu dan ditambah dengan bertahap, hingga si kecil terbiasa dengan rasanya.

Berikan Pilihan
Tanyakan apa yang ingin dimakannya sebagai menu makan malam dan pastikan Anda membuatkannya sebagai hidangan yang spesial. Si kecil bisa makan-makanan yang diminta asal ia menghabiskan bekal makan yang dibawakan Anda.

Cara ini juga sekaligus memberi pelajaran padanya jika ingin mendapatkan sesuatu yang ia suka, maka harus ada usaha yang dilakukan.

Buat Menu Baru
Anak selalu penasaran dengan sesuatu yang baru termasuk pada makanan. Buatlah olahan makanan dengan teknik dan bumbu yang baru agar si kecil penasaran dan ingin mencicipinya. Mungkin saja resep baru ini jadi makanan kesukaan si kecil.

Pastikan Anda Juga Suka
Jangan hanya menyarankan anak untuk makan-makanan yang disuguhkan tapi Anda tidak mau menyantapnya. Selain itu, jangan paksa anak makan sayuran saat Anda sama sekali tidak mau menyentuhnya.

Anak adalah peniru yang ulung, jadi saat Anda suka sayur dan mencontohkannya maka anak secara otomatis akan ikut melahapnya. (okezone.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.