Ingin Tahu Krim Wajah Anda Mengandung Merkuri? Ini Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Tahu Krim Wajah Anda Mengandung Merkuri? Ini Caranya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin banyaknya krim produk kecantikan yang beredar di pasaran membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam memilihnya. Karena, tidak semua produk yang disebut bisa menunjang penampilan itu berdampak baik bagi tubuh Anda. Ada sebagian produk yang justru mengandung merkuri tapi tidak diketahui oleh banyak orang.

Tahukah Anda apa bahaya dari merkuri itu jika tetap digunakan?. Pasalnya, merkuri sangat berbahaya karena termasuk logam berat, sekecil apapun jumlah merkuri yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menjadi racun. Apabila dioleskan dan diserap kulit, ia akan masuk ke dalam peredaran darah.

Efek samping yang dialami dan langsung bisa ditangkap mata adalah perubahan warna kulit yang memerah, bintik hitam, iritasi. Bahkan, efek jangka panjangnya bisa merusak ginjal dan menyebabkan kanker. Jadi, agar hal itu tidak terjadi lebih baik Anda mencari tahu bagaimana mengetes produk yang mengandung merkuri.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengetes sebuah mengandung merkuri atau tidak?. Berikut ini 2 cara yang bisa dilakukan:

Menggunakan Setrika
Siapkan kertas putih/HVS, oles krim wajah di kertas putih tersebut, lalu disetrika dengan suhu yang panas sedang. Bila kertas yang dioleskan krim menghitam ketika disetrika, berarti mengandung merkuri. Bila tidak ada hitamnya, berarti krim tersebut tidak mengandung merkuri yang membahayakan.

Menggunakan Cincin Emas
Oleskan krim wajah yang biasa digunakan ke tangan (bisa ke bagian pergelangan tangan atau di telapak tangan), lalu gosok-gosokkan cincin emas ke bagian yang dioleskan tersebut. Jika bagian yang dioleskan tersebut berubah warna menjadi abu-abu atau menghitam, itu berarti krim tersebut mengandung merkuri.

Jadi, pastikan menggunakan krim wajah dan produk kosmetik lainnya yang tidak bermerkuri ya agar tidak membahayakan Anda. Bukan kecantikan yang akan Anda dapatkan tapi justru malah masalah penyakit yang menimpa. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.