Ingin Tidur Siang Anda Bermanfaat? Lakukan 4 Langkah Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Tidur Siang Anda Bermanfaat? Lakukan 4 Langkah Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik itu kesehatan jiwa maupun jasmani. Bahkan, aktivitas ini dapat membuat seseorang lebih bahagia, bisa menjaga konsentrasi ketika bekerja, lebih kreatif dan mampu mengurangi kadar stres.

Akan tetapi, ada beberapa syarat yang tidak boleh dilanggar jika ingin tidur siang Anda bermanfaat. Syarat apa sajakah itu?.

Berikut empat langkah yang harus diketahui agar tidur siang Anda bermanfaat:

Tidak Lebih dari 30 Menit
Tidur siang bisa membuat Anda lebih bahagia dan memperbaiki mood. Syaratnya, tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit.

Menurut seorang Psikolog, Profesor Richard Wiseman, mengatakan, dari survei ekperimen yang dilakukan pada 1.000 orang, 66 persen responden yang tidur siang tidak lebih dari setengah jam melaporkan rasa bahagia. Lebih dari setengah jam efek yang ada justru sebaliknya di mana tingkat kebahagiaan justru berkurang.

Dilakukan 6 Jam setelah Bangun Tidur
Kapan waktu yang tepat untuk tidur siang?. Pakar menyarankan sekitar 6 jam terhitung sejak bangun tidur di pagi hari.

Pada saat itu, siklus sirkardian yang mengatur rasa kantuk dan berbagai siklus biologis lainnya akan kembali titik terendah. Suhu inti tubuh menurun, metabolisme melambat dan kemampuan otak untuk bekerja akan mulai berkurang.

Jauhkan Gadget
Paparan suara dan cahaya biru dari gadget bisa membuat tidur siang Anda tidak berkualitas. Karena itu, jauhkan gadget Anda ketika memutuskan untuk tidur siang demi manfaat yang maksimal.

Jangan Kebablasan
Kurang tidur juga memengaruhi molekul kekebalan tubuh yang disebut interleukin-6. Molekul ini menurun ketika responden kurang tidur, namun kadarnya stabil ketika mereka diizinkan untuk tidur siang.

Intinya, tidur siang memiliki manfaat ketika dilakukan tidak berlebihan. Jadi, bagi Anda yang sibuk bekerja usahakan bisa tidur siang tidak boleh lebih dari 30 menit. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.